Advertisement

Kereta Anjlok di Kulonprogo, Jalur KA Sentolo-Wates Sudah Bisa Dilalui dengan Kecepatan Normal

Anisatul Umah
Senin, 23 Oktober 2023 - 11:47 WIB
Maya Herawati
Kereta Anjlok di Kulonprogo, Jalur KA Sentolo-Wates Sudah Bisa Dilalui dengan Kecepatan Normal Suasana di Stasiun Tugu, Minggu sore, (22/10 - 2023). Anisatul Umah/Harian Jogja.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jalur kereta api (KA) antara Sentolo-Wates, Kulonprogo, sudah bisa dilalui dengan kecepatan normal setelah anjlok pada Selasa (17/10/2023). Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro mengatakan PT Kereta Api Indonesia (Persero) memastikan seluruh perjalanan KA mulai Sabtu hingga Minggu siang (21-22/10/2023) sudah bisa dilalui dengan puncak kecepatan 80 km/jam.

"KA yang melintas di petak jalur rel antara Stasiun Sentolo–Stasiun Wates sudah bisa dilalui dengan puncak kecepatan 80 km/jam," katanya dalam keterangan resmi, dikutip Senin (23/10/2023).

Advertisement

Dia menyampaikan mulai lancarnya operasional KA ini berkat kerja keras dan kolaborasi dari seluruh jajaran unit KAI dibantu dengan stakeholders eksternal lainnya. Sehingga proses perbaikan jalur rel berjalan dengan cepat dan lancar.

"Sebanyak kurang lebih 60 personel dikerahkan untuk memperbaiki jalur antara Stasiun Sentolo – Stasiun Wates dengan menggunakan alat perawatan jalan rel jenis MTT sebanyak 2 unit dan jenis PBR 1 unit. Adapun material yang digunakan dalam proses perbaikan jalur tersebut yaitu 350 buah bantalan rel, 200 meter Potongan rel, dan 400 meter persegi batu kricak," jelasnya.

KAI mengucapkan atas kerja sama semua pihak dalam menangani kejadian anjloknya KA Argo Semeru beberapa hari yang lalu, serta langkah-langkah normalisasi jalur sehingga dapat dilalui KA dengan normal kembali.

BACA JUGA: Jadi Cawapres Prabowo, Gibran Mengaku Sudah Menemui Puan Maharani

Sementara itu, terkait dengan penyebab anjloknya KA 17 Argo Semeru, KAI telah berkoordinasi dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan Kementerian Perhubungan untuk menginvestigasi kejadian ini.

"KAI tetap fokus dan berkomitmen terhadap keselamatan dan pelayanan optimal kepada seluruh pelanggan," katanya.

Lebih lanjut dia menyampaikan KAI berkomitmen melakukan berbagai evaluasi agar jajarannya selalu siap dalam mengantisipasi perubahan iklim yang sangat ekstrem saat ini.

"Antisipasi tersebut telah tertuang dalam SOP AMUS (Alat Material Untuk Siaga). Dalam sistem AMUS tersebut sudah disiapkan dari kesiapan peralatan dalam penanganan gangguan di jalur rel, ketersediaan material cadangan prasarana dan kesiapan para personilnya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sesuai Penugasan Pemerintah, Pertamina Patra Niaga Tetap Salurkan Pertalite

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement