Advertisement

KPU Kabupaten Bantul Akan Terima Logistik Pemilu Tahap I Esok Hari

Stefani Yulindriani Ria S. R
Senin, 23 Oktober 2023 - 21:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
KPU Kabupaten Bantul Akan Terima Logistik Pemilu Tahap I Esok Hari Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabuapten Bantul akan menerima logistik pemilihan umum (pemilu) 2024 tahap I pada Selasa (24/10/2023). KPU Kabupaten Bantul pun memastikan gudang penyimpanan logistik pemilu telah dikelola dengan baik.  

Pelaksana Tugas (Plt) KPU Kabupaten Bantul, Joko Santosa menyampaikan ada 3.116 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Bantul pada pemilu tahun depan. Nantinya setiap TPS akan dilengkapi dengan empat bilik suara, dan lima kotak suara.  

Advertisement

“Sampai sekarang untuk pengadaan tahap pertama, menurut informasi dari penyedia tanggal 24 sudah masuk di Bantul, itu kotak atau bilik [suara],” katanya saat dihubungi melalui telepon, Senin (23/10/2023).  

Baca Juga: Akomodir 6.860 Pemilih Difabel, KPU Bantul Siapkan Braile dan TPS Aksesibel 

Joko pun belum mendapat informasi lebih lanjut terkait jumlah kotak suara atau bilik suara yang akan diterimanya esok hari.  

“Logistik yang masuk, informasi [logistik tahap pertama] pertama yang kita terima baru kotak atau bilik. Total [jumlah logistik tahap pertama yang diterima KPU Bantul] yang masuk belum,” katanya.  

Meski begitu, menurut Joko, pihaknya telah menyiapkan dua gudang logistik pemilu di Timbulharjo, Sewon, Bantul. Gudang tersebut telah diatur dengan sistem tata kelola logistik pemilu sesuai dengan standar agar dapat menjaga kondisi logistik pemilu hingga pemilu tahun depan. Gedung tersebut pun difasilitasi dengan CCTV dan apar untuk mengantisipasi kejadian kebakaran.  

Selain itu KPU Kabupaten Bantul telah bekerja sama dengan Polres Bantul untuk turut mengamankan gedung tersebut.  

“Ada CCTV di bagian depan 2 unit, bagian tengah 2 unit, bagian belakang 2 unit. Sudah dilengkapi dengan sarana pengamanan di masing-masing gudang. Ada pengamanan 24 jam oleh kepolisian,” katanya.  

Selain itu logistik pemilu yang akan diterima juga akan disimpan setelah disemprot dengan fungisida untuk menghindari jamur.  

Baca Juga: Ratusan Orang di Bantul Mengajukan Pindah Tempat Pemilih pada Pemilu 2024 

Sementara menurut Joko pengadaan alat kelengkapan TPS antara lain alat pencoblosan menjadi kewenangannya. Kemudian untuk surat suara akan dikeluarkan KPU RI setelah Daftar Calon Tetap (DCT) ditetapkan.  

“Penentuan surat suara setelah 3-4 November [2023] berdasarkan pernyataan DCT,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ledakan Pager, Investigasi Awal Menunjukkan Ada Bahan Peledak Sengaja Ditanam

News
| Jum'at, 20 September 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement