Advertisement

Terus Dikebut, Konstruksi Tol Jogja-Bawen Seksi 1 di Sleman Kini Sudah Nyaris 60%

Catur Dwi Janati
Kamis, 26 Oktober 2023 - 19:47 WIB
Arief Junianto
Terus Dikebut, Konstruksi Tol Jogja-Bawen Seksi 1 di Sleman Kini Sudah Nyaris 60% Foto aerial proyek tol Jogja-Solo. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pembangunan tol Jogja-Bawen Paket 1 Junction (JC) Sleman-Simpang Susun (SS) Banyurejo terus dikebut. Terbaru, pengerjaan konstruksi tol ruas Junction Sleman-SS Banyurejo hampir menyentuh angka 60%.

Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Bawen, A.J. Dwi Winarsa mengungkapkan secara umum progres pekerjaan kontruksi Seksi 1 telah dilakukan pada lahan-lahan yang sudah dibebaskan. Secara pararel, lahan-lahan bebas tadi sedang dikerjakan timbunan tanah, borepile, hingga penyiapan plat lantai jembatan.

Advertisement

"PT. Jasamarga Jogja Bawen telah berhasil melaksanakan pemasangan erection girder di empat lokasi yaitu, STA 68+825 Desa Banyurejo, STA. 72+950 Kalurahan Margokaton, STA. 0+800 Kalurahan Sumberejo, STA 75+800 Kalurahan Tirtoadi," terang Dwi pada Rabu (25/10/2023).

PT. Jasamarga Jogja Bawen mencatat progres kontruksi seksi 1 telah mencapai 59,26%. Sementara progres pembebasan lahan hingga Oktober 2023 mencapai 80,15%.

Terkait progres lahan di Seksi 1, JJB kata Dwi telah melakukan Musyawarah di tujuh desa. Ketujuh desa tersebut meliputi Tirtoadi, Margomulyo, Margodadi, Margokaton, Banyurejo, Tambakrejo dan Sumberejo. 

BACA JUGA: Pembebasan Lahan Tol Jogja-Bawen Capai 80,15 Persen

Sementara lembayaran Uang Ganti Kerugian (UGK) saat ini telah dilakukan di tiga desa yakni Tirtoadi, Margomulyo dan Sumberejo. Untuk Margodadi, Margokaton, Banyurejo dan Tambakrejo masih dalam proses pemberkasan dan nantinya bisa dibayarkan.

Di sisi lain terkait bangunan cagar budaya di Padukuhan Pundong 2, Kalurahan Tirtoadi yang terkena proyek tol Jogja-Bawen, saat ini survei dan review telah dilakukan. Survei tersebut menyangkut Rincian Anggaran Biaya (RAB) untuk relokasi cagar budaya oleh Dinas Kebudayaan DIY.

"Dalam hal kegiatan pembebasan lahan untuk keperluan proyek pembangunan Jalan tol Jogja-Bawen, PT. JJB terus berkoordinasi dengan PPK Pengadaan Tanah Jalan Tol Jogja-Bawen Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, BPN Kantor Wilayah DIY dan Provinsi Jawa Tengah Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dan Lembaga Managemen Aset Negara (LMAN)," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement