Advertisement

Diapresiasi Polri, Kekondusifan Kampung Wisata Gajah Wong Menunjang Pembangunan

Triyo Handoko
Jum'at, 27 Oktober 2023 - 22:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Diapresiasi Polri, Kekondusifan Kampung Wisata Gajah Wong Menunjang Pembangunan KunjunganKasubdit Bhabinkamtibmas Korbinmas Baharkam Polri Kombes Pol Tatar Nugroho ke Kampung Wisata Gajah Wong yang mendapat apresiasinya beberapa waktu lalu. Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kampung Wisata Gajah Wong, Kelurahan Giwangan mendapat kunjungan dan apresiasi dari Polri. Kunjungan yang dilakukan Kasubdit Bhabinkamtibmas Korbinmas Baharkam Polri Kombes Pol Tatar Nugroho beberapa waktu lalu itu untuk meninjau langsung kekondusifan wilayah di Kampung Wisata Gajah Wong.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Giwangan Aipda Basyori Anwar menjelaskan Polri mengapresiasi berbagai strategi pendekatan untuk menjaga keamanan dan kekondusifan Kampung Wisata Gajah Wong yang dulunya terkenal sebagai kampung lokalisasi di Kemantren Umbulharjo. “Saya bertugas di sini sejak 2012, waktu itu sedang berlangsung transisi perubahan lokalisasi di sini yang sudah dilarang,” katanya, Jumat (26/10/2023).

Advertisement

Baca Juga: Kampung Wisata Kali Gajah Wong Mandiri Kelola Sampah

Transisi perubahan dari lokalisasi menjadi pemukiman biasa lalu menjadi kampung wisata, jelas Basyori, jadi keberhasilan bersama para pengurus Kampung Wisata Gajah Wong. “Transisinya perlu proses panjang, awalnya masih ada yang menjalankan lokalisasi setelah dilarang dengan cara kucing-kucingan. Lalu kami lakukan pendampingan dan pembinaan hingga akhirnya sudah tidak ada lagi prostitusi di sini,” ungkapnya.

Baca Juga: Jadi Tempat Belajar Mahasiswa Australia, Kampung Wisata Kali Gajah Wong Terus Berbenah

Keberhasilan merubah kawasan lokalisasi jadi kawasan wisata, sambung Basyori, terutama didukung oleh elemen masyarakat setempat. “Kami hanya mendampingi agar potensi-potensi yang ada ini bisa dikembangkan ke arah positif, waktu itu pengen mengebangkan wisata ya kami dukung,” terangnya.

Apresiasi dari Polri itu membuat Ketua Kampung Wisata Gajah Wong, Suwarto termotivasi untuk terus mengembangkan potensi di wilayahnya. “Kami sangat tersanjung sekali atas kunjungan dan apresiasi itu, ini jadi bahan motivasi kami untuk terus mengmbangkan wilayah kami ini,” tuturnya.

Baca Juga: Kali Gajahwong: Dulu Banyak Sampah, Kini Jadi Lokasi Wisata Murah Meriah

Suwarto menjelaskan seluruh masyarakat di wilayahnya akan selalu kooperatif dengan aparat keamanan untuk menjaga kekondusifan wilayah. “Bagi kami keamanan dan kekondusifan wilayah ini jadi syarat utama untuk membangun wilayah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tanpa keamanan berbagai aktivitas tentu akan terganggu,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BNPB: Gempa Garut Rusak 110 Rumah dan Berdampak pada 75 KK

News
| Minggu, 28 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement