Advertisement

Kualitas Air Sungai di Bantul Buruk, Pemkab Beberkan Buktinya

Stefani Yulindriani Ria S. R
Jum'at, 03 November 2023 - 21:27 WIB
Arief Junianto
Kualitas Air Sungai di Bantul Buruk, Pemkab Beberkan Buktinya Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Kualitas air sungai di Bantul masih dinilai buruk. Hal itu terlihat dari rendahnya Indeks Kualitas Air (IKA) sungai di Kabupaten Bantul pada 2022 yang memang masuk dalam kategori Buruk. Bahkan IKA tersebut pun lebih rendah daripada tahun sebelumnya. 

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bantul mencatat nilai IKA Kabupaten Bantul pada 2022 masih menunjukkan berada pada angka 36,67 dari target 40. 

Advertisement

Nilai IKA tersebut diperoleh dari lima sungai yang diuji yaitu Sungai Winongo yang mendapat nilai 23,33, Sungai Opak dengan nilai 43,33, Sungai Gajahwong dengan nilai 36,67, Sungai Bedog dengan nilai 36,67, dan Sungai Oyo dengan nilai 43,33. Sementara untuk memenuhi baku mutu kualitas air sungai, maka IKA harus mencapai nilai 70. 

Data tersebut, menurut Kepala DLH Kabupaten Bantul, Ari Budi Nugroho menunjukkan bahwa secara umum kualitas air sungai di wilayah Kabupaten Bantul masih belum baik, atau masuk dalam kategori buruk.

Ari menuturkan penyebab buruknya kualitas air tersebut dikarenakan lokasi geografis Kabupaten Bantul berada di bagian selatan DIY, sehingga secara alami Kabupaten Bantul merupakan daerah hilir dari Daerah Aliran Sungai (DAS) yang mengakibatkan banyak pencemaran berasal dari hulu masuk ke Kabupaten Bantul. 

BACA JUGA: Viral Eceng Gondok Tutupi Sungai, Ini Dampaknya

Beberapa sumber pencemaran yang banyak ditemukan antara lain bakteri Coliform dari buangan limbah rumah tangga, buangan tangki septik, cemaran kotoran hewan ternak dan pupuk. Selain itu menurut dia, kesadaran pelaku usaha juga dinilai masih relatif rendah dalam pengelolaan lingkungan, khususnya pembuangan air limbah, sehingga limbah yang masuk ke badan sungai atau media lingkungan belum seluruhnya memenuhi baku mutu.

Menurut dia kondisi kualitas air sungai 2022 mengalami penurunan dibanding capaian tahun sebelumnya. Diketahui tahun 2021, IKA sungai di Kabupaten Bantul mencapai angka 56. 

“IKA tahun 2022 turun dibandingkan 2021. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan bakteri coli di air sungai, limbah rumah tangga masuk ke sungai dimana volume air sungai yang relatif kecil dipengaruhi oleh musim kemarau yang panjang, mengakibatkan konsentrasi pencemar tinggi,” katanya. 

Selain itu penurunan tersebut juga dipengaruhi aktivitas masyarakat dan kegiatan atau usaha. Pada tahun 2020-2021 aktivitas masyarakat dan kegiatan atau usaha cenderung menurun, karena pandemi Covid 19, sehingga limbah kegiatan atau usaha mengalami penurunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

12 Pesawat Tempur China Terbang Rendah di Wilayah Taiwan

News
| Sabtu, 27 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement