Advertisement

BPO Disdikpora DIY Gelar Pelatihan Bahasa dan Aksara Jawa, Diikuti 50 Pemuda

Media Digital
Kamis, 09 November 2023 - 17:37 WIB
Alfi Annisa Karin
BPO Disdikpora DIY Gelar Pelatihan Bahasa dan Aksara Jawa, Diikuti 50 Pemuda Gelaran pelatihan aksara Jawa yang diinisiasi oleh BPO Disdikpora DIY di Ross in Hotel digelar sejak 7-9 November 2023. Ada sebanyak 50 peserta yang terlibat/ Harianjogja (Harian Jogja - Alfi Annissa Karin)

Advertisement

JOGJA–Sebanyak 50 pemuda di DIY mengikuti gelaran pelatihan bahasa dan asara Jawa di Hotel Rose in Yogyakarta. Pelatihan yang dilaksanakan pada 7-9 November 2023 ini diinisiasi oleh Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY. Pegiat aksara Jawa dari Komunitas Aksara Pacibita juga digandeng untuk menjadi narasumber pada gelaran ini.

Kepala Seksi Pemuda BPO Disdikpora DIY, Rini Admiwati menuturkan para peserta mendapatkan materi yang berbeda-beda di setiap harinya. Misalnya, pada hari pertama peserta diajak untuk mengenal aksara Jawa dasar dengan metode Carangapak. Dilanjutkan dengan mengenal aksara pasangan. Lalu pada hari kedua peserta diberi materi terkait dengan sandhangan dan prinsip dasar tata tulis aksara Jawa. Peserta juga mencoba dan mempraktikan teori yang sudah didapatkan dengan cara menulis secara manual dan digital.

Advertisement

“Lalu pada hari ketiga peserta praktik membaca serat dan ada evaluasi,” kata Rini, Kamis (9/11/2023).

Rini menyebut kegiatan ini sepenuhnya dibiayai oleh Dana Keistimewaan DIY tahun 2023. Sekaligus menjadi salah satu program BPO Disdikpora DIY dalam melestarikan budaya Jawa. Menurutnya, pelatihan bahasa dan aksara Jawa penting dilakukan di tengah gempuran budaya-budaya luar negeri yang menjamur di Indonesia. Pada zaman yang serba modern seperti saat ini anak muda cenderung enggan mempelajari budaya Jawa, khususnya aksara Jawa.

“Pelatihan aksara Jawa ini juga sekaligus untuk memelihara dan lebih membumikan bahasa dan sastra Jawa di kalangan pemuda,” ujarnya.

Dia berharap kegiatan ini dapat membentuk kepribadian pemuda yang mencintai budaya daerah dibandingkan budaya luar negeri. Selain itu, juga menjadikan pemuda sebagai tokoh aktif dalam pelestarian bahasa dan sastra Jawa.

Sementara itu, salah satu peserta pelatihan, Ana Qotrunnada mengaku senang mengikuti pelatihan aksara Jawa ini. Dia menyebut masa sekolah menjadi momen terakhirnya dalam mempelajari aksara Jawa. Saat itu dia pun merasa kesulitan dalam mempelajari aksara Jawa. Bahkan, saat menemui soal tentang aksara Jawa kala sekolah dulu, Nada, sapaannya, kerap meminta bantuan orang tuanya.

“Tapi baru sekarang merasa aksara Jawa mudah dipahami juga, kata mahasiswa UIN Sunan Kalijaga ini.

Pelatihan selama tiga hari yang didapatkan tak hanya berhenti padanya. Nada tengah berencana membentuk Pusat Studi Aksara Nusantara. Di dalamnya mempelajari tentang aksara dari berbagai daerah di Indonesia.

“Di UIN sendiri kan mahasiswanya banyak dari luar Jawa. Misal, dari daerah Lampung punya aksara apa, nanti sama-sama belajar,” ujar perempuan kelahiran Semarang ini. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Buka Seleksi CPNS Jalur Sekolah Kedinasan, Ada 3.445 Formasi

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement