Advertisement

Busana Ulos Rejuvenation Berbahan Limbah Ramaikan JFW 2023

Sunartono
Jum'at, 10 November 2023 - 14:27 WIB
Sunartono
Busana Ulos Rejuvenation Berbahan Limbah Ramaikan JFW 2023 Busana berbahan daur ulang limbah kain dipamerkan dalam Jogja Fashion Week 2023 . - istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Perhelatan Jogja Fashion Week (JFW) 2023 menampilkan berbagai karya rancangan busana bertaraf internasional pada penampilan perdana, Kamis (9/11/2023) malam. Salah satu yang cukup menyita perhatian pengunjung adalah sebuah karya desain pakaian ulos yang tampak elegan dan mewah.

Namun tidak banyak yang mengetahui bahwa busana diberi nama Ulos Rejuvenation yang dikenakan para peragawati itu berbahan daur ulang limbah kain bekas. Busana ini diberi nama Rejuvenation yang merupakan karya perancang busana berkelas internasional Athan Siahaan.

Advertisement

BACA JUGA : Desainer Interior dari Berbagai Kampus di Indonesia Pamerkan Karya di ISI Jogja

“Saya menampikan 16 karya busana, ini semua menggunakan bahan dari daur ulang sampah kain. Kebetulan di tempat kami banyak sekali ulos, kemudian kami olah dan hasilnya bagus,”  kata Athan.

Mengusung dua warna ulos dalam inovasinya yaitu merah dan biru. Warna biru merupakan hasil kreasi dengan pemakaian warna alam indigo dan ulos merah termasuk ulos yang biasa dipakai untuk pakaian adat di Batak.

Ia menambahkan pembuatan pakaian berbahan limbah ini didasari fakta bahwa Indonesia termasuk penghasil limbah kain terbesar di dunia setelah India. Berdasarkan data dalam sebulan mencapai 37.000 ton limbah kain.

“Ini menginspirasi saya, dan ingin memberikan sumbangsih untuk meminimalisasi sampah kain. Sehingga perca kain ini kami oleh menjadi barang bernilai ekonomi tinggi,” katanya.

Busana ulos karyanya sudah menyebar di 14 negara, muali dari Thailand, Malaysia, Jepang, Italia, Rusia dan India. Ia aktif di event fesyen internasional seperti Malaysia International Week, Thailand Fashion Week, Hongkong Fashion Week hingga Moscow Fashion Week. Pada 2024 mendatang akan tampil di Hamburg Fashion Week, Amsterdam Fashion Week dan sebuah fashion week di Asia.

“Aku mulai menggarap Ulos ini sejak 2011,” ujarnya.

Kepala Disperindag DIY Syam Arjayanti mengatakan kegiatan itu diikuti 133 desainer dari berbagai kota di Indonesia dengan menghadirkan rangkaian show selama empat hari. JFW 2023 ini dibuka untuk umum dan gratis. Selain itu memfasilitasi komunikasi pertemuan bisnis dari berbagai pihak untuk menghasilkan transaksi fesyen di setiap stan pameran.

BACA JUGA : Semua Parpol di Kulonprogo Setujui Desain Surat Suara Pemilu 2024

“Dalam rangka mewujudkan Jogja sebagai pusat fesyen dunia, JFW 2023 menjalin kerja sama dengan mengundang seluruh stakeholder di bidang fesyen. Pengunjung bisa melakukan kontan bisnis melalui desain fashion yang dipamerkan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pascaputusan MK dan Penetapan KPU, Mungkin Akan Ada Susunan Koalisi Baru Prabowo-Gibran

News
| Sabtu, 27 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement