Advertisement

Desainer Interior dari Berbagai Kampus di Indonesia Pamerkan Karya di ISI Jogja

Lugas Subarkah
Rabu, 11 Oktober 2023 - 23:17 WIB
Arief Junianto
Desainer Interior dari Berbagai Kampus di Indonesia Pamerkan Karya di ISI Jogja Pengunjung melihat karya yang dipamerkan dalam TKMDII 2023, di ISI Jogja, Rabu (12/10/2023). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sebanyak 20 delegasi kampus yang memeiliki prodi Desain Interior menggelar pameran dalam Temu Karya Mahasiswa Desain Interior Indonesia (TKMDII) 2023, di ISI Jogja, Rabu-Sabtu (12-14/10/2023).

Manajer Karya dan Koordinator Lapangan TKMDII 2023, Fiorensa Elysia Calya, menjelaskan acara dua tahunan ini kali ini mengusung tema Bali Omah. “Artinya kembali ke rumah, di mana fungsi utamanya untuk bagaimana kita menciptakan ruang interior yang bisa dijangkau oleh semua kalangan,” ujarnya, Rabu (12/10/2023).

Advertisement

Pameran terbagi dalam tiga kategori, yakni pertama Karya Baru Delegasi yang berisi karya-karya dari 20 delegasi dengan karya sesuai karakter kampus masing-masing. “Ada yang studi kasusnya berdasarkan permasalahan yang ditemukan di kotanya, lalu diolah dan hasilnya dijadikan interior,” ungkapnya.

Kedua, Karya Baru Studio, yang memamerkan perjalanan perkuliahan dari setiap kampus dengan tujuan saling mengetahui dan belajar antar delegasi terkait perkuliahan dan karya. Ketiga, Karya Baru Bersama, dari semua delegasi membuat karya bersama dengan target desa wisata atau membantu masyarakat di sekitar.

“Jadi karya yang dihasilkan bukan hanya estetika saja, tetapi juga fungsional dan berguna untuk masyarakat sekitar. Untuk Karya Baru Bersama dikerjakan bareng-bareng oleh semua delegasi. Karya itu disebar di beberapa titik di desa wisata seperti Tamansari, Pasar Ngasem dan lainnya,” katanya.

BACA JUGA: Rayakan Hari Batik, Pemkot Gelar Pameran hingga Lomba

Dia berharap melalui kegiatan ini para mahasiswa dari setiap delegasi dapat saling belajar dalam mengolah desain berdasarkan karakter di masing-masing kota. “Bisa mempelajari seperti apa karya yang dihasilkan dari universitasnya,” kata dia.

Mahasiswa Institut Teknologi Nasional Bandung, Iqbal Jasir Fauzi, dalam pameran kali ini membawa karya yang berjudul Sustainable Living Room dengan gaya kontemporer minimalis. “Kami mengambil tema sustainable karena mengganti penggunaan kayu asli dengan kayu sintetis atau material dengan corak yang sama,” ujarnya.

Maka tim ini banyak menggunakan PVC, SPC dan HPL untuk material pengganti kayu baik di atap, dinding maupun lantai. “Agar keberlangsungan alam bisa terjaga karena tidak menggunakan kayu. Di sisi lain harga kayu asli lebih mahal. Sedangkan target kami konsumen menengah ke bawah,” ungkapnya.

Secafra fungsional, konsep living room yang dirancang bertujuan untuk menyambut tamu dengan titik berat pada wall treatment. “Ada beberapa wall storage yang bisa digunakan untuk hiasan, buku, sepatu di bagian bawah,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Puncak Musim Kemarau Diprediksi Juli-Agustus, Soal El Nino Ini Kata BMKG

News
| Sabtu, 27 April 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement