Advertisement

Pembangunan Pasar Sentul Hampir Rampung, Tinggal Pasang Eskalator

Triyo Handoko
Senin, 13 November 2023 - 17:07 WIB
Arief Junianto
Pembangunan Pasar Sentul Hampir Rampung, Tinggal Pasang Eskalator Suasana pembangunan Pasar Sentul yang hampir rampung. - Istimewa/DPUPKP Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pembangunan Pasar Sentul sudah memasuki tahap penyelarasan akhir. Saat ini, Senin (13/11/2023), progresnya sudah mencapai 85%. Struktur pokok bangunan seperti lantai, dinding, dan atap sudah terbangun.

Tinggal dilakukan pemelesteran bagian-bagian tertentu seperti pada dinding. Selain itu juga akan dilakukan pemasangan eskalator atau tangga otomatis untuk memudahkan mobilisasi pengunjung antarlantai.

Advertisement

Di Pasar Sentul nantinya akan dibangun dua unit eskalator untuk naik dan turun antarlantai yang terdiri dari tiga lantai. Pemasangan eskalator ini menunggu PLN karena butuh daya 15.000 watt, rencananya minggu depan sudah terpasang.

Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Jogja sendiri menargetkan pembangunan ini rampung 26 Desember 2023 mendatang. “Tetapi kalau lihat progresnya akan kami rampungkan seluruhnya pada 20 Desember saja,” terang Kepala Bidang Penataan Bangunan DPUPKP Jogja, Fakhrul Nur Cahyanto, Senin siang.

BACA JUGA: Pedagang Pasar Sentul Jogja Pindah ke Selter, Retribusi Dipatok Setengah Harga

Fakhrul menjelaskan dalam proses pembangunan Pasar Sentul ini pihaknya juga melakukan koordinasi dengan Dinas Perdagangan Jogja. “Dinas Perdagangan melakukan zonasi pasar, seperti zonasi ikan dan daging, sayuran, sembako dan lainnya itu kami ikuti arahan mereka,” terangnya.

Selain bangunan Pasar Sentul, jelas Fakhrul, DPUPKP juga tengah menata landscape halaman pasar itu. “Sudah kami tata untuk parkir di sekitar halaman, prakiraannya muat 400 motor dan 20 mobil untuk mendukung aksesibilitas Pasar Sentul,” ungkapnya.

Fakhrul masih mengkalkulasi kapasitas Pasar Sentul setelah dibangun ulang itu dapat menampung berapa pedagang. “Masih kami kalkulasi dengan Dinas Perdagangan, yang jelas kapasitasnya akan jauh meningkat, dimana untuk rooftopnya nanti khusus kuliner sedangkan lantai satu dan dua pedagang umum yang dilakukan zonasi,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Umumkan Paket Bantuan Rudal Senilai Rp6,42 Triliun untuk Ukraina

News
| Sabtu, 11 Mei 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Menilik Jembatan Lengkung Zhaozhou Tertua di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement