Advertisement

2 Bus Listrik Baru dan 50 Becak Listrik Bakal Diuji Coba di Malioboro Bulan Depan

Triyo Handoko
Senin, 20 November 2023 - 16:27 WIB
Arief Junianto
2 Bus Listrik Baru dan 50 Becak Listrik Bakal Diuji Coba di Malioboro Bulan Depan Ilustrasi. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY akan membeli dua unit bus listrik tahun depan untuk mendukung program Low Emission Zone (LEZ) di kawasan Malioboro. Kedua unit bus listrik itu dibeli dengan Dana Keistimewaan (Danais).

Sebelumnya, Dinas Perhubungan (Dishub) DIY sudah menggelar diskusi terpumpun untuk menyerap aspirasi pengadaan bus listrik itu. Hasil forum itu mendukung pengadaan bus listrik. “Bukan konversi bus yang ada jadi bus listrik, tetapi pengadaan baru,” kata Plt Kepala Dishub DIY, Sumariyoto pada Senin (20/11/2023).

Advertisement

Sumariyoto menjelaskan sebelum melakukan forum diskusi untuk menyerap aspirasi, Dishub DIY juga melakukan kajian ke berbagai daerah terkait dengan implementasi bus listrik.

“Kami belajar dari Surabaya ternyata masalah utama bus listrik ini pada kualitas batreinya, ada yang diukur menunjukan 60 persen tetapi kenyataannya hampir habis. Ini jadi tantangan kami supaya mengadakan bus listrik yang benar-benar berkualitas,” terangnya.

Dua bus listrik yang rencananya diadakan pada 2024 itu untuk dioperasikan di kawasan Malioboro. “Setelah dua unit kami rencanakan pada 2025 itu tambah lagi empat unit. Baru setelah itu kami ujicobakan,” ungkapnya.

Selain bus listrik, jelas Sumariyoto, Dishub DIY juga sudah memproduksi 50 unit becak listrik untuk menggantikan becak motor yang masih ada di Malioboro. “Tujuannya untuk Malioboro rendah emisi, 50 unit becak listrik ini bukan konversi tetapi bikin baru. Rencananya kami uji cobakan pada Desember nanti,” katanya.

BACA JUGA: UGM Terima Hibah Bus Listrik dari Kementerian Investasi

Sebelum melakukan uji coba bus listrik, menurut Sumariyoto, Dishub DIY juga sudah melembagakan tiga paguyuban becak di Malioboro. “Tiga paguyuban ini sekarang sudah berbadan hukum koperasi, alhamdulilah prosesnya lancar, semuanya mendukung becak listrik dan siap berganti,” jelasnya.

Tak hanya memfasilitasi pengurusan badan hukum jadi koperasi kepada tiga paguyuban itu, lanjut Sumariyoto, Dishub DIY juga melakukan fasilitasi dan pendampingan.

“Ada beberapa perusahan swasta, khususnya hotel juga yang siap mendampingi dengan memberikan pelatihan cara melayani penumpang yang baik ke koperasi becak ini. Ada juga yang bersedia membikinkan seragam melalui skema CSR, semuanya kami usahakan untuk yang terbaik,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mau Mengikuti Rangkaian Acara Waisak di Candi Borobudur? Simak Aturannya!

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement