Advertisement

Seorang Siswa SD di Ngaglik Diminta Gunakan Masker, Dinkes: Bukan Karena Cacar Monyet

Jumali
Kamis, 23 November 2023 - 19:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Seorang Siswa SD di Ngaglik Diminta Gunakan Masker, Dinkes: Bukan Karena Cacar Monyet Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinkes Sleman memastikan jika kebijakan salah satu SD di Ngaglik, Sleman agar siswanya menggunakan masker saat melangsungkan kegiatan belajar mengajar bukan dikarenakan adanya kasus cacar monyet. Dinkes Sleman sejauh ini menyatakan belum ada kasus cacar monyet di Bumi Sembada.

"Ya, memang ada kabar. Tapi selama ini belum ada laporan ke Dinkes kalau ada indikasi cacar monyet di situ," kata Kepala Dinkes Sleman Cahya Purnama, di The Rich Jogja Hotel, Kamis (23/11/2023) pagi.

Advertisement

Baca Juga: 16 Penderita Cacar Monyet Dinyatakan Sembuh

Cahya mengungkapkan penggunaan masker di lingkungan sekolah lebih dikarenakan adanya kemungkinan salah satu siswa terkena penyakit saluran pernapasan (ISPA) atau terkena cacar air atau varicella.

"Biasanya masker digunakan saat anak-anak SD tersebut ada yang terkena penyakit saluran pernapasan atau terkena varicella, bukan cacar monyet tapi cacar air. Itu menularnya sama," jelas Cahya.

"Nah, kemungkinan itu, nanti kita akan lihat. karena cacar monyet itu kan belum teridentifikasi. Mudah-mudahan varisela," harap Cahya.

Baca Juga: Tenang, Daya Penularan Cacar Monyet Tak Sepesat COVID-19

Menurut Cahya, sampai saat ini pihaknya terus mewaspadai kemungkinan persebaran cacar monyet. Apalagi telah ada edaran dari Kemenkes terkait persebarannya.

Untuk mencegah terjadinya kasus cacar monyet, Cahya menyatakan dinas telah melakukan beberapa hal. Tak hanya meminta warga berhati-hati terkait kasus cacar monyet, dinas juga mengimbau kepada warga untuk terus menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Baca Juga: Vaksin Cacar Monyet Langka dan Mahal, Kemenkes Sarankan Ini untuk Pencegahan

"Kami juga ingatkan agar masyarakat meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga secara teratur," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Manchester City Pepet Liverpool di Puncak Kalsemen Liga Inggris

News
| Senin, 04 Maret 2024, 09:57 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement