Advertisement

Kunjungi Harian Jogja, Mahasiswa PBSI UAD Belajar Pengelolaan Media Massa

Lajeng Padmaratri
Selasa, 28 November 2023 - 19:37 WIB
Arief Junianto
Kunjungi Harian Jogja, Mahasiswa PBSI UAD Belajar Pengelolaan Media Massa Belasan mahasiswa PBSI UAD yang mengambil mata kuliah Praktikum Jurnalistik mengunjungi Kantor Harian Jogja untuk belajar pengelolaan media massa, Senin (28/11/2023). - Harian Jogja/Lajeng Padmaratri

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 11 mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengenal lebih jauh ihwal manajemen media massa dengan mendatangi Kantor Harian Jogja di Jalan AM. Sangaji, Jetis, Kota Jogja, Selasa (28/11/2023).

Rombongan mahasiswa UAD itu didampingi oleh Dosen PBSI UMY, M. Ardi Kurniawan dan Fitri Merawati. Mereka diterima oleh Wakil Pemimpin Redaksi Harian Jogja, Nugroho Nurcahyo.

Advertisement

Dosen PBSI UMY, M. Ardi Kurniawan menjelaskan kunjungan ini berkaitan dengan mata kuliah Praktikum Jurnalistik. Dengan kunjungan ini, ia berharap para mahasiswanya bisa mendapatkan pemahaman mengenai manajemen media massa.

“Terima kasih banyak atas sambutannya untuk mahasiswa kami. Ini pengetahuan yang sangat beragam yang semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman saat kembali ke kampus dan semoga menjadi bekal untuk mereka menjadi calon jurnalis,” kata Ardi.

Dalam kunjungan itu mahasiswa juga melakukan diskusi tentang aktivitas pengelolaan dan manajemen media massa. Nugroho pun memberikan banyak informasi terkait dengan perkembangan Harian Jogja saat ini yang harus beradaptasi, terlebih semenjak pandemi Covid-19.

“Saat pandemi kami terpukul karena koran nggak bisa sampai ke pembaca. Loper koran saat mau masuk ke kampung harus disemprot disinfektan, jadi mereka sampai nggak mau mengantar koran lagi. Itu yang terjadi di pandemi, sangat memprihatinkan sekali, tapi menjadi titik balik bagi media massa,” tutur Nugroho dalam audiensi tersebut.

BACA JUGA: Harian Jogja Terima Penghargaan Media Online Terbaik dari BPS DIY

Saat ini Harian Jogja semakin adaptif dalam perkembangan zaman. Produksi konten pemberitaan juga tidak hanya untuk keluaran koran cetak, melainkan juga media online, media sosial, dan konten digital.

Sejumlah materi yang ditanyakan mahasiswa seperti bagaimana perkembangan media massa di era digital dan keunikan Harian Jogja dibandingkan media massa lainnya di Jogja. “Kami punya keunikan di konten feature, kami berupaya menghadirkan suatu peristiwa di sisi lain yang tidak ditulis media lain,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kasus Pemerkosaan dan Pelecehan Seksual Jadi Kasus Terbanyak di Mahkamah Syariyah di Aceh

News
| Selasa, 05 Maret 2024, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement