Advertisement

Jaga Pasokan BBM dan Gas Selama Nataru 2024, Hiswana Migas DIY Bakal Bentuk Satgas

Abdul Hamied Razak
Rabu, 29 November 2023 - 10:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Jaga Pasokan BBM dan Gas Selama Nataru 2024, Hiswana Migas DIY Bakal Bentuk Satgas Musyawarah Cabang XII DPC Himpunan Wiraswasta Minyak dan Gas (Hiswana Migas) DIY yang dihelat pada 28 November 2023 di Hotel Royal Ambarrukmo

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Himpunan Wiraswasta Minyak dan Gas (Hiswana Migas) DIY berkomitmen untuk terus menjaga pasokan BBM dan gas bersubsidi di wilayah DIY aman. Termasuk saat libur Natal dan Tahun Baru mendatang dengan menyiapkan Satuan Tugas (Satgas).

Ketua Himpunan Wiraswasta Minyak dan Gas (Hiswana Migas) DIY periode 2023-2027, Aryanto Sukoco mengatakan pihaknya akan menyiapkan Satgas menjelang libur Nataru 2024.

Advertisement

"Menjelang Nataru, kami akan membuat Satgas Nataru. Khusus SPBU akan ada kantong-kantong di mana pada tiap kantong tersebut akan standby untuk pengawalan dan mengisi SPBU yang mengalami kekosongan," katanya, Rabu (29/11/2023).

Aryanto sendiri terpilih sebagai Ketua Hiswana Migas DIY melalui Musyawarah Cabang XII DPC Himpunan Wiraswasta Minyak dan Gas (Hiswana Migas) DIY yang dihelat pada 28 November 2023 di Hotel Royal Ambarrukmo. Kegiatan tersebut dihadiri 257 anggota asosiasi se-DIY yang terdiri pengusaha ritel BBM, Gas, dan beberapa produk sejenis.

BACA JUGA: Prakiraan Cuaca Hari Ini, BMKG: Waspadai Potensi Hujan Lebat, Petir dan Angin di Wilayah DIY

Kegiatan tersebut selain merancang program kerja untuk masa bakti 2023-2027 serta pemilihan pengurus cabang DIY. Dia berharap pasokan BBM dan LPG di setiap wilayah DIY diharap cukup menjelang Natal dan Tahun Baru (nataru) serta pemilu mendatang, distribusinya tidak boleh tersendat.

Terkait dengan program LPG bersubsidi, Aryanto menjelaskan pihaknya harus mengawal penyaluran tersebut secara benar agar tepat sasaran. "Jadi memang wajar apabila kami dituntut untuk melakukan penjualan dengan melalui program," kata Aryanto.

Executive General Manager Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Aji Anom Purwasakti mengatakan jika pihaknya masih menguatkan program yaitu Subsidi Tepat LPG.

Di mana hanya pembeli terdaftar dan menunjukkan KTP yang bisa membeli gas LPG 3 kilogram. Menjelang akhir tahun, diprediksi akan banyak permintaan migas terkait Jawa Tengah dan DIY adalah daerah tujuan wisata.

"Hal tersebut diterapkan supaya subsidi yang diberikan pemerintah tentang gas elpiji bisa tepat sasaran yaitu rumah tangga dan UMKM. Menjelang Nataru mendatang, kami akan mempersiapkan moment tersebut. Baik itu volume maupun layanan tambahan sesuai dengan pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya," tutur Aji Anom.

Sekertaris Jenderal DPP Hiswana Migas, Juan Tarigan menuturkan bahwa gejolak pemilu akan ada imbasnya. Hiswana turut berupaya menyukseskan Subsidi Tepat, di mana target bulan ini 60% dan Desember 100%. Kami berharap ada dukungan dari pemda agar tidak ada resistensi di sub penyalur kami di pangkalan.

"Ya sementara ini kan sedang ada gejolak Pemilu. Oleh karena itu kami minta dukungan dari pihak pemda dan masyarakat. Saat ini kami masuk dalam tahap pendataan agar memiliki database masyarakat mana yang berhak sesuai dengan golongannya," ucap Juan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dua Warga Tewas Keracunan Gas Dalam Sumur

News
| Senin, 04 Maret 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement