Advertisement

Korpri Siap Melayani, Berkontribusi dan Berinovasi untuk Negeri

Media Digital
Rabu, 29 November 2023 - 22:47 WIB
Maya Herawati
Korpri Siap Melayani, Berkontribusi dan Berinovasi untuk Negeri Kustini Sri Purnomo - Ist

Advertisement

SLEMAN—Bulan ini Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) genap berusia 52 tahun. Lebih dari setengah abad, Korpri telah menjadi wadah pengikat yang mampu memayungi aparatur sipil negara (ASN). Sejalan dengan berlakunya UU ASN, Korpri siap bertransformasi menjadi bagian integral dari pemerintahan yang berperan sebagai pemersatu bangsa, memberikan perlindungan hukum serta mengembangkan kesejahteraan anggota.

Peringatan HUT ke-52 Korpri mengangkat tema Korprikan Indonesia. Harapannya pada usia ini, anggota Korpri lebih bersemangat dalam bekerja dan berkontribusi melayani kepentingan publik dan mewujdukan fungsinya sebagai perekat persatuan bangsa sehingga mewarnai proses pembangunan nasional menuju Indonesia 2045.

Advertisement

"Setiap pertambahan usia sejatinya merupakan sebuah titik evaluasi tentang bagaimana kita memanfaatkan waktu yang diberikan untuk memberikan manfaat. Demikian pula dengan KORPRI, tentunya pada usia yang matang ini Korpri diharapkan untuk dapat membina anggotanya dalam peningkatan kinerja dalam pembangunan, pemberdayaan dan pelayanan, selain tentunya juga dapat menjadi perekat dan pemersatu warga dan bangsa," kata Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, Rabu (29/11).

Dia mengatakan, kelancaran penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan sangat bergantung pada kualitas dan ketangguhan pegawai Republik Indonesia yang tidak lain adalah ASN. Sebagai roda penggerak pembangunan, ASN harus menjunjung teguh Panca Prasetya Korpri dalam meningkatkan kesejahteraan dan menjaga profesionalisme.

Senada dengan jiwa korsa yang menggaungkan semangat gotong-royong dan kesetiaan pada bangsa, saya mengajak setiap ASN untuk melahirkan berbagai inovasi-inovasi yang mampu membalik tantangan menjadi peluang, mengubah kelemahan menjadi keunggulan yang muaranya mampu mewujudkan masyarakat sejahtera maju dan makmur.

BACA JUGA: Lima Rumah Terkepung Tol Jogja-Solo Akhirnya Dibuatkan Jalan Khusus

"Tingginya tuntutan masyarakat atas perbaikan pelayanan ASN wajib diikuti dengan kemampuan ASN untuk adaptif terhadap teknologi serta terus bergerak menuangkan kreatifitasnya hingga memunculkan inovasi-inovasi yang mendukung peningkatan kualitas kerja dan tata kelola pemerintahan serta menjaga akuntabilitas," kata Kustini.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, peringatan HUT Korpri kali ini kembali menegaskan tentang pentingnya netralitas dan profesionalisme ASN terlebih dalam menyambut tahun politik 2024 mendatang.

Korpri sebagai organisasi profesi harus selalu berupaya untuk meneguhkan fungsinya sebagai perekat, pemersatu bangsa. Anggota KORPRI harus menjaga netralitas serta profesionalisme setya berkomitmen lurus terhadap kepentingan bangsa dan negara dalam upaya mewujudkan tujuan nasional.

"Saya mengingatkan seluruh ASN untuk menjadi sosok panutan yang mampu bersikap netral dan mengantisipasi setiap ancaman berita hoaks, politik identitas, polarisasi dan konflik yang mungkin menyertai Pemilu dan Pilkada 2024,” katanya.

"Anggota Korpri hendaknya mampu bekerja dengan ikhlas dan tuntas, berintegritas dan profesional, mampu berinovasi sebagai solusi atas permasalahan yang terjadi di masyarakat sehingga masyarakat merasa terlindungi. Mari bersama tunjukkan jati diri ASN sebagai garda depan birokrasi yang transparan, akuntal dan bebas KKN. Dirgahayu Korps Pegawai Republik Indonesia," katanya. (***)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tahun Ini Bagi-Bagi Rice Cooker Gratis Bakal Ada Lagi, Kementerian ESDM: Anggaran Sudah Ada

News
| Kamis, 29 Februari 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Kegiatan Spiritual dan Keagamaan Jadi Daya Tarik Wisata di Candi Prambanan

Wisata
| Kamis, 29 Februari 2024, 11:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement