Advertisement

Progres Pembangunan Tol Jogja-Solo Seksi 2, Lahan Belum Terbebaskan 33,4 Persen

Catur Dwi Janati
Jum'at, 01 Desember 2023 - 15:17 WIB
Ujang Hasanudin
Progres Pembangunan Tol Jogja-Solo Seksi 2, Lahan Belum Terbebaskan 33,4 Persen Foto aerial proyek tol Jogja-Solo. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Ratusan ribu meter persegi lahan di area proyek Tol Jogja-Solo Seksi 2 masih menunggu pembebasan. Pembebasan lahan menjadi salah satu bekal untuk akselerasi pembangunan tol protek Tol Jogja-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman.

Humas PT. Adhi Karya Pembangun Tol Jogja-Solo Seksi 2, Agung Murhandjanto mengatakan ada sebagian tanah yang belum dibebaskan. Diluar TKD, total kebutuhan lahan pembangunan tol seksi ini mencapai 398.978 meter persegi. Dari jumlah kebutuhan tersebut, baru 265.645 meter persegi lahan yang dibebaskan. Cakupan ini setara 66 persen dari total luas lahan yang dibutuhkan. 

Advertisement

"Tanah yang belum terbebaskan yang belum dibayarkan itu masih ada beberapa," kata Agung dikonfirmasi pada Jumat (1/12/2023).

Kecepatan kontraktor dalam menggarap proyek tol lanjut Agung tak bisa dilepaskan dari pembahasan lahan. Sementata kontraktor tak berani menyentuh lahan milik warga yang belum dibebaskan.

"Kecepatan kita mengerjakan proyek itu juga karena kita menyangkut pembebasan lahan yang belum clear and clean. Kalau yang belum clear and clean kan belum berani kita sentuh," tandasnya.

BACA JUGA: Terbaru! Pelebaran Ringroad Trihanggo Terdampak Tol Jogja-Solo Sudah Bisa Dilewati Pekan Ini

Menurut data yang dibagikan Agung, lahan yang belum dibebaskan dalam proyek Tol Jogja-Solo Seksi 2 mencapai 133.333 meter persegi. Artinya, masih ada 33,4 persen lahan dari total luas lahan yang dibutuhkan menanti untuk diibebaskan.

"Jadi kita terkendala itu karena lahannya yang belum semuanya terbebaskan," ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ratusan Korban Banjir Konawe Utara Pilih Mengungsi Mandiri

News
| Sabtu, 11 Mei 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Menilik Jembatan Lengkung Zhaozhou Tertua di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement