Advertisement

Jelang Libur Nataru, Dishub Sleman Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Objek Wisata

Jumali
Minggu, 03 Desember 2023 - 14:47 WIB
Ujang Hasanudin
Jelang Libur Nataru, Dishub Sleman Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Objek Wisata Ratusan pengunjung memadati kawasan Tebing Breksi, Minggu (30/12/2018) - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Perhubungan (Dishub) Sleman memastikan akan mendirikan posko dan menyiapkan sejumlah skema lalu lintas untuk menghadapi libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. Sejumlah rekayasa lalu lintas dan jalur alternatif sebagai antisipasi kemacetan arus lalu lintas utamanya di objek wisata saat Nataru.

"Untuk jalur alternatif akan kami survei lagi pada pekan depan. Untuk memastikan kesiapannya. Kami juga akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak. Kami juga akan bergabung dalam posko bersama dengan pihak kepolisian di sejumlah titik nantinya saat libur Nataru," kata Kepala Dishub Sleman Arip Pramana, Minggu (3/12/2023).

Advertisement

Adapun jalur alternatif yang kemungkinan disurvei dan bisa digunakan saat libur Nataru, Arip menyatakan yakni Tempel-Pakem-Prambanan untuk akses di perbatasan DIY. Selanjutnya ada jalur Klangon-Tempel, Gito-Gati, Besi-Jangkang, jalan Jombor-Balangan, dan jalan Prambanan-Piyungan.

Menurut Arip, pihaknya telah memproyeksikan kemungkinan terjadi potensi kemacetan yang terjadi di sejumlah objek wisata unggulan di Sleman. Diantaranya kawasan Kaliurang dan Tebing Breksi. Didua objek wisata itu rekayasa lalu lintas akan disesuaikan dengan kondisi dan situasional.

BACA JUGA: 883 Ribu Kendaraan Diperkirakan Masuk Jogja di Libur Nataru, Ini Langkah Dishub DIY

Sementara untuk posko pengamanan, Arip mengungkapkan petugas Disub akan bergabung dengan petugas dari TNI/ Polri di sejumlah posko seperti Prambanan, Jombor, Denggung dan Tempel.

Dishub juga akan melakukan pemantauan area traffic control system (ATCS) sebagai ruang kendali traffic light yang menjadi kewenangan Kabupaten Sleman. Selain itu, pihaknya juga akan ikut memantau sebanyak 15 CCTV saat ini dikelola oleh Diskomifo Sleman.

"Untuk masyarakat yang ingin melihat kondisi lalu lintas juga bisa mengakses CCTV yang dikelola Diskominfo Sleman," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gibran Enggan Beberkan Hasil Pembahasan Kementerian Baru dengan Prabowo di Kartanegara

News
| Sabtu, 24 Februari 2024, 08:27 WIB

Advertisement

alt

Pelancong Masuk ke Thailand Diwajibkan Bawa Uang Tunai Minimal Rp6,7 Juta

Wisata
| Jum'at, 23 Februari 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement