Advertisement

Libur Akhir Tahun, Dinas Pariwisata Gunungkidul Memperbanyak Promosi

Newswire
Senin, 04 Desember 2023 - 12:37 WIB
Maya Herawati
Libur Akhir Tahun, Dinas Pariwisata Gunungkidul Memperbanyak Promosi Aktivitas pariwisata di Kawasan Pantai Indrayanti di Kalurahan Tepus, Tepus beberapa waktu lalu. Harian Jogja - David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Memanfaatkan momentum liburan akhir tahun Natal dan Tahun Baru, Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, mengintensifkan promosi dan menggelar berbagai kegiatan.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gunungkidul Oneng Windu Wardhana di Gunungkidul, Senin, mengatakan Dispar sudah berkoordinasi dengan pelaku desa wisata mengenai potensi peningkatan pendapatan asli daerah menjelang akhir tahun karena tidak menutup kemungkinan menjelang malam perayaan tahun baru ada kegiatan.

Advertisement

"Dispar tidak ada kegiatan skala besar di akhir tahun, mungkin di desa wisata sedang kami komunikasikan. Kami juga intensifkan promosi melalui berbagai media sosial," kata Oneng, Senin (4/12/2023).

Ia mengatakan menjelang tutup tahun potensi pendapatan di sektor pariwisata terus ditingkatkan. Selain menggelar kegiatan dan promosi, antisipasi penyimpangan di pintu masuk tempat pemungutan retribusi (TPR) juga diintensifkan.

Target PAD dari retribusi wisata 2023 sebesar Rp28,9 miliar, hingga sampai dengan November terealisasi Rp20,3 miliar atau 60,42 persen.

Sisa waktu satu bulan berjalan menjadi tantangan bagi Dispar dalam mengejar target akhir tahun. Diantara cara menarik minat wisatawan adalah dengan menggencarkan promosi dan memperbanyak kegiatan. "Tapi sejumlah kegiatan skala kecil, karena ini berbarengan dengan masa kampanye ya," katanya.

BACA JUGA: Ade Armando Singgung Politik Dinasti Jogja, Ini Komentar Sultan HB X

Lebih lanjut, Oneng berharap kondisi regional terus membaik sehingga realisasi target sesuai dengan rencana awal. Langkah lainnya, menurut dia promosi melalui media sosial (medsos) juga sangat membantu.

"Setiap ada tamu, kami juga promosi mengenai ragam destinasi wisata di wilayah Gunungkidul," katanya.

Wakil Ketua DPRD Gunungkidul Heri Nugroho sepakat, optimalisasi pendapatan asli daerah dengan cara meminimaliskan potensi kebocoran sangat diperlukan. Dengan demikian target PAD wisata yang telah ditetapkan dapat terealisasi. "Kami minta Dispar membuat terobosan supaya target PAD sektor pariwisata tahun ini terlampaui," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kasus Pemerkosaan dan Pelecehan Seksual Jadi Kasus Terbanyak di Mahkamah Syariyah di Aceh

News
| Selasa, 05 Maret 2024, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement