Advertisement

Pemilu 2024, Ini Skenario KPU Sleman untuk Distribusi Logistik di Daerah Rawan Bencana

Newswire
Selasa, 05 Desember 2023 - 15:17 WIB
Maya Herawati
Pemilu 2024, Ini Skenario KPU Sleman untuk Distribusi Logistik di Daerah Rawan Bencana Bilik suara Pemilu 2024 disalurkan. / Antara

Advertisement

SLEMAN—Distribusi logistik dan tahapan lainnya untuk Pemilu 2024 di wilayah rawan bencana harus jalan terus. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman pun menyiapkan skenario.

"Kami sudah menyiapkan beberapa skenario untuk tahapan-tahapan Pemilu 2024 di wilayah rawan bencana, mulai dari distribusi logistik hingga pelaksanaan pemungutan suara," kata Ketua KPU Sleman Ahmad Baehaqi di Sleman, Selasa (5/12/2023).

Advertisement

Menurut dia, skenario tersebut meliputi untuk daerah yang memiliki kerawanan terhadap bencana erupsi Gunung Merapi maupun tanah longsor dan banjir, mengingat saat ini susah memasuki musim hujan.

"Wilayah yang memiliki kerawanan bencana erupsi Gunungapi Merapi diantaranya adalah yang masuk dalam Kawasan Rawan Bencana (KRB) Merapi," katanya.

Ia mengatakan bahwa wilayah yang termasuk KRB Merapi meliputi Kapanewon (Kecamatan) Cangkringan, Turi, Pakem, dan Kapanewon Tempel. "Kemudian Kapanewon Ngemplak, meskipun wilayah ini berada pada radius aman dari Gunung Merapi, tetap kami pertimbangkan terhadap kerawanan erupsi Merapi," katanya.

Ahmad Baehaqi mengatakan bahws wilayah yang memiliki kerawanan longsor berada di kawasan perbukitan Kapanewon Prambanan.

BACA JUGA: Desentralisasi Pengelolaan Sampah, ORI DIY: Penutupan TPA Piyungan Tidak Sesuai Perda

"Bahkan, di Kapanewon Prambanan ini untuk distribusi logistik juga kami pertimbangkan terkait dengan medan jalan yang sulit, terjal, dan licin saat hujan," katanya.

Untuk antisipasi dalam distribusi logistik nanti, pihaknya akan bekerja sama dengan PT Pos yang memiliki armada atau kendaraan tertutup berbagai jenis.

"Kami akan kerja sama dengan PT Pos untuk menggunakan kendaraan operasional seperti mobil boks kecil atau kendaraan tertutup lainnya yang memungkinkan menjangkau lokasi," katanya.

KPU Kabupaten Sleman, kata dia, juga terus mengikuti perkembangan aktivitas Gunung Merapi dari BPPTKG Yogyakarta dan perkembangan cuaca dari BMKG Yogyakarta. "Harapan kami tidak ada kendala berarti [dalam proses distribusi logistik Pemilu 2024], dan tahapan pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 berjalan lancar dan sukses," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pendidik di Pacitan Antusias Kolaborasi dengan Museum Song Terus

News
| Jum'at, 26 Juli 2024, 22:40 WIB

Advertisement

alt

Taman Balekambang Solo Resmi Dibuka Kamis 25 Juli 2024, Segini Tarif Masuk dan Jam Operasionalnya

Wisata
| Rabu, 24 Juli 2024, 15:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement