Advertisement

Komisioner KPU Kulonprogo, Ria Harlinawati: Minimalkan Potensi Kerawanan dengan Regulasi

Media Digital
Kamis, 07 Desember 2023 - 07:27 WIB
Ujang Hasanudin
Komisioner KPU Kulonprogo, Ria Harlinawati: Minimalkan Potensi Kerawanan dengan Regulasi Ketua Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Kulonprogo, Ria Harlinawati

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Proses penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 perlu dilakukan secara ketat dengan mendasarkan pada regulasi yang ada. Dengan begitu, potensi kerawanan yang mungkin merugikan masyarakat dan peserta pemilu dapat diminimalkan.

Ketua Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Kulonprogo, Ria Harlinawati yakin bahwa pemilu dapat berjalan lancar apabila dalam proses penyelenggaraannya dilakukan secara ketat.

Advertisement

Keyakinan tersebut dilatarbelakangi oleh pengalamannya sebagai wartawan dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kulonprogo periode 2018-2023. Namun sebelum itu, dia lebih dulu menjadi Panitia Pengawas (Panwas) Pilkada Kulonprogo 2017.

"Ketika saya di Bawaslu ada catatan hasil pengawasan. Nah, ketika saya pindah ke KPU, catatan-catatan itu coba kami perbaiki dan yang kurang dapat disempurnakan. Tapi prinsipnya, kami bekerja taat pada aturan," kata Ria saat ditemui di Grand Dafam YIA, Senin (4/12).

BACA JUGA: Antisipasi Pelanggaran, KPU Kulonprogo Gelar Kajian Hukum Peraturan KPU

Ria mengaku lebih suka melakukan upaya pencegahan seperti halnya wartawan yang berperan sebagai penjaga demokrasi. Karya tulis berupa berita dianggap menjadi wujud edukasi kepada masyarakat sehingga muncul upaya-upaya mitigasi termasuk ketika pemilu. "Kalau dari masyarakat, peserta pemilu, penyelenggara pemilu, bertindaknya sesuai regulasi yang ada, saya yakin demokrasi yang jujur dan adil atau pemilu yang baik dapat tercapai," katanya.

Perempuan kelahiran Lombok Tengah, 38 tahun silam ini mengaku bahwa pilihan masyarakat dalam Pemilu 2024 akan menentukan arah bangsa. Sekecil apapun suara pemilih, hal itu menjadi wujud harapan kepada pembangunan bangsa. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Teknologi Sirekap Diperbaiki, Bawaslu: Rekapitulasi Manual Tidak Boleh Berhenti

News
| Selasa, 05 Maret 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement