Advertisement

Sampai Akhir November 2023, Aset Bank Bantul Tembus Rp533 Miliar

Ujang Hasanudin
Sabtu, 09 Desember 2023 - 22:07 WIB
Ujang Hasanudin
Sampai Akhir November 2023, Aset Bank Bantul Tembus Rp533 Miliar Bupati Bantul Abdul Halim Muslih (keempat dari kiri) saat menyerahkan simbolis hadiah pemenang undian tabungan dan kredit tahun 2023 di Laguna Depok, Parangtritis, Kretek, Bantul, Sabtu (9/12/2023). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Direktur Utama PT. BPR Bank Bantul (Perseroda), Bambang Suryo Wibowo menyampaikan bahwa Bank Bantul terus tumbuh dari waktu ke waktu. Tahun ini sampai akhir November lalu nilai aset perseroan mencapai Rp533 miliar.

Nilai aset dari salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemkab Bantul tersebut tumbuh 1,4% dibanding tahun lalu. Bambang mengatakan jumlah tabungan yang terhimpun sebesar Rp203,7 miliar yang terdiri dari 67.348 nasabah.

Advertisement

“Deposito terhimpun sebesar Rp200,3 miliar dengan jumlah nasabah 5.620 dan total kredit yang disalurkan sebesar 428,9 M dengan jumlah nasabah 6.408,” kata Bambang dalam acara Pengundian Tabungan Periode ke-18 dan Kredit Periode ke-20 Tahun 2023, di Laguna Depok, Parangtritis, Bantul, Sabtu (9/12/2023).

Dari jumlah kredit tersebut sebanyak 36% adalah kredit UMKM. Bank Bantul memang memiliki tugas untuk mendorong pembiayaan pada UMKM dan memperluas akses keuangan pada masyarakat serta mendorong perekonomian daerah. Bambang berharap Bank Bantul dapat memberikan manfaat bagi daerah dan masyarakat Bantul.

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih mengungkapkan Bank Bantul harus mampu mendongkrak kekuatan perekonomian masyarakat terutama UMKM. Karena UMKM memiliki peran yang strategis dalam membangun daerah di Bantul.

BACA JUGA: Dilantik Jadi Dirut Bank Bantul, Ini yang Akan Dilakukan Bambang Suryo Wibowo

“UMKM di Bantul tumbuh berkembamg dan merupakan penyangga perekonomian Wilayah. Maka Bank ini harus semakin dekat dengan masyatakat,” kata Halim.

Menurutnya, bukti bahwa UMKM Bantul berperan di bidang perekonomaian adalah Bantul pada tahun 2017 diputuskan sebagai urutan kesatu tingkat nasional sebagai Kota/Kabupaten kreatif kriya.

Undian Mobil

Kembali ke Undian Tabungan Periode Ke-18 Dan Kredit Periode Ke-20 Tahun 2023. Acara tersebut digelar setiap tahun sebagai bentuk apresiasi kepada nasabah tabungan maupun nasabah kredit. Kali ini bertepatan dengan ulang Bank Bantul ke-40.

Bambang Suryo Wibowo mengatakan acara kali ini sengaja digelar di Laguna Depok agar dapat mempromosikan wisata yang berada di pesisir selatan tersebut. Selain itu juga mendekatkan kepada masyarakat, membangun ekonomi lokal, menciptakan suasana hiburan serta silaturahmi.

Acara diawali senam sehat diikuti oleh para karyawan, para pelaku UMKM, nasabah dan masyarakat Bantul. Hadiah utama dalam undian tersebut adalah satun unit mobil Honda Brio yang dimenangkan oleh diraih Dian Anggreta Setyanika Andi warga Trayeman, Pleret, Bantul.

Hadiah berupa dua unit sepeda motor Honda Scoopy diraih Suryani Puspa Dewi dari Tirtonirmolo Kasihan dan Sutriyana warga Jetis. Sementara pemenang hadiah tiga unit sepeda motor Honda Beat adalah Bachrudin (Timbulharjo), Wahyu Hariwibowo (Palbapang) dan Priyono (Panggungharjo).

Dalam kesempatan tersebut Bank Bantul juga menyalurkan dana sebesar Rp30 juta kepada masyarakat yang kurang mampu disekitar kelurahan Depok Parangtritis serta panti asuhan dan para guru TPA di wilayah Bantul. Dana tersebut berasal dari zakat dan infaq karyawan Bank Bantul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perkuat Ketahanan Pangan, Kementan, TNI dan Pelaku Usaha Melakukan Sinergi Program

News
| Jum'at, 18 Oktober 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement