Advertisement

Akhir Tahun, Taman Pintar Kejar Target 30 Ribu Kunjungan Wisatawan

Alfi Annisa Karin
Senin, 11 Desember 2023 - 21:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
Akhir Tahun, Taman Pintar Kejar Target 30 Ribu Kunjungan Wisatawan Suasana salah satu wahana edukasi di DIY, Taman Pintar (IST - Dokumentasi Taman Pintar )

Advertisement

Harianjogja.com, GONDOMANAN—Taman Pintar menjadi salah satu wahana edukasi yang kerap diserbu wisatawan saat liburan. Tahun ini, Taman Pintar menargetkan dapat mencapai 800.000 pengunjung hingga akhir tahun.

Kasi Humas Kerja Sama dan Pemasaran Taman Pintar Yogyakarta Karmila menjelaskan pihaknya tengah mengejar target jumlah kunjungan. Tahun ini kunjungan wisatawan ke Taman Pintar ditargetkan mencapai 800.000 pengunjung. Sementara hingga akhir November lalu sudah tercapai 730.000 pengunjung.

Advertisement

"Artinya hanya kurang 70.000 di Desember ini, yakin target optimistis tercapai," ujarnya saat dihubungi, Senin (11/12/2023).

Menurut Mila, target kunjungan ini belum sepenuhnya pulih jika dibandingkan dengan masa sebelum pandemi. Saat itu jumlah kunjungan bisa mencapai satu juta wisatawan dalam satu tahun. Lalu, pada 2020 kunjungan menurun drastis, hanya mencapai 230.000 dalam satu tahun. Lalu, 2021 kunjungan makin merosot hanya 130.000 kunjungan dalam setahun. Angka ini akhirnya perlahan merangkak naik pada 2022 yang mencapai 700.000 pengunjung.

Baca Juga:

Taman Pintar Bangun Wahana Nglaras Budaya

Kontes Roket Air di Taman Pintar Diikuti Ratusan Peserta

Punya Wahana Baru Kehidupan Bawah Laut, Taman Pintar Edukasikan Pentingnya Makan Ikan

Meningkatnya jumlah kunjungan ini, lanjut Mila, dibarengi dengan sejumlah penambahan zona edukasi si Taman Pintar. Di antaranya adalah Zona Nglaras Budaya, zona edukasi kehidupan bawah laut, hingga zona edukasi berkendara. Tak hanya itu, perbaikan juga dilakukan di beberapa titik. Misalnya, di Zona Paud Barat dan Paud Timur yang sudah di-refresh di awal tahun. Lalu, ada juga Zona ESDM yang sedang dalam tahap refreshment.

"Kemudian pemeliharaan bangunan di Lobi Gedung Oval kita percantik dan kanopinya kita percantik, mempercantik beberapa ruang rapat. Zona Aquarium kita ganti panel akriliknya, sudah 15 tahun banyak yang sudah pecah, kropos, akriliknya kita ganti semua," jelasnya.

Perbaikan juga ke depan akan terus dilakukan. Ke depan, akan ada penggantian konsep utamanya pada zona kehidupan purba pada 2024.

"Taman Pintar berkembang dengan uang sendiri dalam hal ini APBD atau jasa layanan, atau bisa kerja sama dengan pihak ketiga," imbuhnya.

Sejauh ini, pengunjung masih didominasi oleh rombongan sekolah. Taman Pintar dibuka mulai pukul 08.30 sampai 16.00 WIB. Puncak kepadatan kunjungan diperkirakan terjadi pada pukul 11.00 WIB. Sementara, untuk tiket masuk masih dibanderol dengan harga yang sama. "Tiket Rp12.000 untuk anak dan Rp20.000 untuk dewasa," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konser Kali Kedua di Jakarta, Ed Sheeran Gunakan Music Performer Visa

News
| Senin, 04 Maret 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement