Advertisement

Kontes Roket Air di Taman Pintar Diikuti Ratusan Peserta

Media Digital
Sabtu, 30 September 2023 - 20:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Kontes Roket Air di Taman Pintar Diikuti Ratusan Peserta Pembukaan kontes roket air yang diselenggarakanTaman Pintar dibuka oleh Pejabat Walikota Jogja SInggih RaharjoKepala Disbud Yetti Martanti dengan menerbangkan roket, Sabtu (30/9 - 2023).

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Taman Pintar menyelenggarakan kontes roket air ke-12 di Lapangan SMAN 3 Jogja dengan tema Partisipasi Aktif Pelajar Mendukung Kemajuan Teknologi Kedirgantaraan Indonesia pada Sabtu (30/9/2023). Kontes roket air ini diikuti oleh 215 siswa SMP dan SMA dari DIY, Jawa Tengah, dan DKI Jakarta.

Pemenang kontes ini akan dikirim Taman Pintar ke kontes roket air tingkat nasional, dimana akan disiapkan 20 peserta terpilih untuk maju ke tingkat lebih tinggi itu. Kegiatan ini dibuka oleh Pejabat Walikota Jogja Singgih Raharjo.

Advertisement

Taman Pintar menyelenggarakan kontes roket air ke-12 di Lapangan SMAN 3 Jogja dengan tema Partisipasi Aktif Pelajar Mendukung Kemajuan Teknologi Kedirgantaraan Indonesia pada Sabtu (30/9/2023). Kontes roket air ini diikuti oleh 215 siswa SMP dan SMA dari DIY, Jawa Tengah, dan DKI Jakarta.

Pemenang kontes ini akan dikirim Taman Pintar ke kontes roket air tingkat nasional, dimana akan disiapkan 20 peserta terpilih untuk maju ke tingkat lebih tinggi itu. Kegiatan ini dibuka oleh Pejabat Walikota Jogja Singgih Raharjo.

BACA JUGA: Taman Pintar Bangun Wahana Nglaras Budaya

Singgih menjelaskan partisipasi pelajar dalam pengembangan teknologi penting dan diperlukan untuk merangsang generasi muda agar berinovasi untuk menjawab tantangan zaman. “Kontes ini akan sangat merangsang generasi muda, siswa SMP dan SMA untuk berinovasi melatih kemampuan mereka untuk mengembangkan sesuatu,” katanya, Sabtu pagi.

Ruang yang diberikan Taman Pintar dengan kontes roket air, lanjut Singgih bentuk perhatian pemerintah dalam mewadahi generasi muda untuk melakukan penemuan-penemuan mutakhir. “Kegiatan ini patut diapresiasi, apalagi melihat jumlah kontestan yang mencapai ratusan artinya apa yang diberikan terserap dengan baik oleh siswa,” jelasnya.

Dinas Kebudayaan (Disbud) Jogja yang mengelola Taman Pintar menyebut kegiatan ini juga menanamkan sikap saling gotong royong dan kerja sama dari siswa lantaran perlombaannya dilakukan secara beregu. “Ditengah disrupsi internet yang banyak mengubah kehidupan anak-anak, kegiatan seperti ini diperlukan untuk mengembalikan lagi semangat gotong royong dan kolektivitas sisiwa,” kata Kepala Disbud Yetti Martanti.

BACA JUGA: BREAKING NEWS: Gudang Pengolah Tembakau Sorogedug Prambanan Terbakar

Yetti menjelaskan pihaknya akan terus mewadahi minat siswa pada pengembangan teknologi dengan tetap menyisipkan nilai-nilai budaya. “Nilai-nilai budaya ini sangat bisa dikolaborasikan dengan teknologi juga, ini penting untuk dikolaborasikan agar generasi muda tertarik pada kebudayaan yang kerap disebut kuno dengan teknologi akan tampak kontemporer,” paparnya.

Sementara itu Analis Rencana Program dan Kegiatan Taman Pintar, Lukman Yoga menerangkan peserta kontes roket air ini terdiri dari 54 SMP dan SMA. “Dimana tidak hanya dari DIY tapi ternyata juga diminati sekolah dari Jawa Tengah dan Jakarta,” ucapnya.

Lukman menjelaskan kontes tersebut rutin diselenggarakan Taman Pintar, dimana lomba kali ini jadi yang ke-12. “Kontes ini mengaplikasikan kemampuan roket air yang aerodinamik untuk menembakan lingkaran sasaran. Sistem lomba ini bertujuan mendapatkan roket air yang memiliki stabilitas dan akurasi yang tertinggi dimana jarak tembaknya 60 meter,” rincinya.

Adapun pemenang dalam kontes roket air ini adalah SMPN 1 Borobudur untuk juara I, lalu SMPN 3 Godean juara II, dan SMP Internasional Budi Mulia Dua mendapat juara III. Sedangkan terbaik IV hingga X berturut-turut sebagai berikut, SMAN 89 Jakarta, SMPN 19 Semarang, MTsN 4 Sleman, SMPN 1 Turi, SMK Penerbangan AAG Adisutjiptoon, SMPN 4 Gamping, dan SMP Tumbuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gabung Afsel, Turki Ajukan Kejahatan Genosida Israel ke Mahkamah Internasional

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement