Advertisement

Bantul Punya Stok 6.200 Blangko KTP-El Cukup Sampai Akhir Tahun

Lugas Subarkah
Sabtu, 16 Desember 2023 - 20:17 WIB
Ujang Hasanudin
Bantul Punya Stok 6.200 Blangko KTP-El Cukup Sampai Akhir Tahun Ilustrasi. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pembuatan e-KTP atau KTP Elektronik (KTP-El) setiap hari dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bantul dan 17 kapanewon di Bantul. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, saat ini, Bantul saat ini masih memiliki stok 6.200 blangko e-KTP.

Kepala Disdukcapil Bantul, Bambang Purwadi Nugroho, menjelaskan Bantul baru saja mendapat alokasi 5.000 blangko e-KTP. “Stok yang ada 1.200 keping, jadi totalnya sekarang 6.200 keping,” ujarnya saat dikonfirmasi, Sabtu (16/12/2023).

Advertisement

Stok ini akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pembuatan e-KTP hingga akhir Desember 2023. “Januari 2024 nanti ambil lagi. biasanya kan satu bulan sekali.  Kebutuhan per hari rata-rata 250 sampai 300 keping cetaknya,” katanya.

Saat ini dangka rekam KTP di Bantul sudah mencapai 99,9%. Pembuatan e-KTP biasanya untuk pemula maupun penggantian e-KTP. “Tinggal 3.000 anak wajib KTP pemula yang belum rekam. Kita kejar sampai 15 Februari bisa selesai,” ungkapnya.

BACA JUGA: Disdukcapil Bantul Terima Kiriman 5 Ribu Blangko KTP Elektronik

Pembuatan e-KTP dilakukan baik di kantor Disdukcapil Bantul, di 17 kantor kapanewon dan secara mobile di tempat-tempat umum. “Alat rekam ada di 17 kapanewon, di Disdukcapil dan Cadangan, totalnya ada 24,” kata dia.

Untuk rekam e-KTP mobile saat ini yang sedang digencarkan adalah Dukcapil Go To School, yakni jemput bola wajib KTP pemula ke sekolah-sekolah. “Di SMA, negeri dan swasta, SMK negeri dan swasta, MAN di Bantul. Kami juga datang di sekolah luar Bantul, karena ada warga di sana,” paparnya.

Saat ini, untuk pembuatan e-KTP bisa dilakukan di mana saja, sepanjang tidak mengubah data dan ketersediaan blangko mencukupi. “Kalau hilang KTP pas ke Bandung, lapor polisi terus ke Dukcapil Kota Bandung minta cetak KTP bisa,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Tutup, Karyawan Ucapkan Selamat Tinggal

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement