Advertisement

Sambut Wisatawan saat Libur Nataru, Destinasi Wisata di Kota Jogja Bebenah

Alfi Annisa Karin
Senin, 18 Desember 2023 - 22:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Sambut Wisatawan saat Libur Nataru, Destinasi Wisata di Kota Jogja Bebenah Pengecekan mesin kereta mini milik GL Zoo oleh Pemkot Jogja dan Disnakertrans DIY, Senin (18/12) dalam rangka menyambut kunjungan wisatawan selama nataru mendatang - Harianjogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, KOTAGEDE—Sejumlah destinasi wisata di Kota Jogja diminta untuk bersiap menerima kunjungan wisatawan dalam jumlah banyak. Salah satunya dengan memastikan berbagai sarana dan prasarana aman dan siap untuk digunakan. Salah satu destinasi wisata di Kota Jogja yang turut bersiap adalah Kebun Binatang Gembira Loka (GL Zoo).

Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Jogja bersama Disnakertrans DIY melakukan pengecekan fasilitas, Senin (18/12/2023). Salah satu yang diperiksa adalah kendaraan kereta mini yang ada di GL Zoo. Kendaraan ini digunakan untuk mengangkut wisatawan berkeliling kawasan GL Zoo. Setelah diperiksa, semua kereta mini dinyatakan aman dan layak jalan. Selain itu, wahana air juga tak luput dari pengawasan. Seluruh instrumen keamanan telah dipenuhi, mulai dari pelampung hingga helm.

Advertisement

"Gl Zoo berkomitmen membangun kebun binatang semakin baik. Kita 2023 awal ini sudah terakreditasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mendapat nilai A. Tertinggi untuk kategori kebun binatang, satu-satunya sementara ini di Indonesia," ujar Direktur Utama GL Zoo Tirtodiprojo saat ditemui, Senin (18/12/2023).

Baca Juga:

4 Lokasi Wisata Jogja selain Malioboro

6 Desa Wisata di Jogja, Bisa Jadi Referensi Liburan

Sejumlah Destinasi Wisata yang Dilalui Trans Jogja, Ini Jalurnya

Selain sarana dan prasana, dia juga memastikan kondisi kesehatan satwa. Satwa, lanjutnya, tidak dalam keadaan lapar, haus, ataupun sakit. Selain itu, GL Zoo juga akan mendatangkan beberapa hewan yang belum ada sebelumnya. Namun, hewan-hewan itu belum sempat diluncurkan lantaran masih dalam proses pelatihan dan penyesuaian.

"Sehingga satwa tidak mengalami ketakutan, satwanya terpantau dengan baik," imbuhnya.

Tirto menuturkan, saat ini jumlah kunjungan wisatawan masih belum seoptimal saat sebelum pandemi. Setidaknya, hanya 850.000-900.000 kunjungan dalam satu tahun. Angka ini tercatat baru 50% jika dibanding masa sebelum pandemi pada 2019 lalu. Tirto menyadari, beberapa waktu terakhir Covid-19 kembali ditemukan. Namun, kondisi ini bukanlah hal baru baginya. GL Zoo sempat tak beroperasi selama satu tahun saat pandemi Covid-19 merebak kencang beberapa tahun lalu. Sebagai langkah antisipasi, dia memastikan karyawan GL Zoo telah mendapatkan vaksinasi. Tirto juga meminta karyawan yang kontak langsung dengan pengunjung untuk senantiasa mengenakan masker.

"Ini pengalaman bagi kami, pandemi tutup satu tahun tidak ada karyawan yang masuk rumah sakit dan sudah tervaksin semua," ungkapnya.

Kepala Dispar Kota Jogja Wahyu Hendratmoko mengatakan dari hasil pengecekkan GL Zoo dinyatakan siap menerima wisatawan. Beberapa fasilitas seperti wahana air, toilet, ruang laktasi, hingga fasilitas lainnya dipastikan aman dan layak digunakan.

"Harapan kami dari kesiapsiagaan pengelola tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, sehingga wisatawan persepsinya akan baik. Insya Allah akan datang lagi, belanja lebih banyak, dan menginap lebih lama," tutur Wahyu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menpora Pastikan PON XXI Aceh-Sumut Digelar Tahun Ini, Persiapan Sudah Matang

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement