Advertisement

Waspada! Ini Deretan Jalur Rawan Kecelakaan di Sleman selama Libur Akhir Tahun

David Kurniawan
Senin, 18 Desember 2023 - 15:17 WIB
Arief Junianto
Waspada! Ini Deretan Jalur Rawan Kecelakaan di Sleman selama Libur Akhir Tahun Ilustrasi kecelakaan / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Jajaran Satlantas Polresta Sleman telah memetakan jalur rawan kecelakaan lalu lintas selama libur akhir tahun. Pengguna jalan diminta lebih berhati-hati pada saat berkendara melalui jalur-jalur ini.

Wakasatlantas Polresta Sleman, AKP Arfita Dewi mengatakan, upaya persiapan menyambut libur akhir tahun terus dilakukan. Beberapa langkah sudah dilaksankaan untuk memastikan kelancaran dan keamanan saat musim liburan tiba.

Advertisement

Menurut dia, beberapa persiapan yang dilakukan dengan memetakan jalur rawan kecelakaan di Kabupaten Sleman. Hasil kajian yang dilakukan mengacu pada peristiwa kecelakaan di sepanjang 2023 ada beberapa jalur yang masuk kategori rawan.

Jalur rawan kecelakaan ini meliputi Jalan Siliwangi mulai dari Tikungan Ngawen hingga Perempatan Pelemgurih. Selanjutnya ada ruas Jalan Siliwangi di wilayah Depok Timur, tepatnya di seputaran Jogja International Hospital (JIH) sampai simpang tiga Maguwo.

Titik rawan lainnya berada di Jalan Solo tepatnya di wilayah Kalasan sampai Penggal Jalan Sambisari. Adapun titik terakhir kerawanan berada di Jalan Magelang mulai dari Simpang Tiga Pringsewu hingga seputaran Kantor TVRI. “Di titik-titik ini sering terjadi kecelakaan dan intensitasnya lebih tinggi ketimbang ruas jalan lainnya,” kata Arfita, Senin (18/12/2023).

Menurut dia, ruas jalan ini merupakan jalan nasional sehingga pengendara seringkali memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi. Di sisi lain, juga ada titik untuk putar balik sehingga sangat berisiko terjadinya kecelakaan.

Oleh karena itu, Arfita meminta kepada pengendara untuk lebih berhati-hati. Terlebih lagi, sambung dia, kecelakaan lalu lintas juga dipengaruhi oleh faktor kelalaian manusia. “Kami mengimbau untuk lebih waspada dan berhati-hati. Yang terpenting, terus mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang berlaku,” katanya.

Selain memetakan jalur rawan  kecelakaan, juga ada titik yang berpotensi terjadinya penumpukan arus kendaraan. Hasil pemetaan yang dilakukan, titik rawan ini meliputi Simpang Empat Tempel, Monjali dan Prambanan. “Sudah kami antisipasi dengan penyiapan rekayasa arus lalu lintas hingga pemanfaatan jalur alternatif. Selain itu, juga ada tim pengurai di titik rawan,” katanya.

BACA JUGA: Kasatlantas Polres Boyolali: Tol Boyolali ini Jalur Tengkorak

Kepala Dinas Perhubungan Sleman, Arip Pramana mengatakan, untuk menyambut malam pergantian tahun baru sudah berkoordinasi dengan Polres Klaten berkaitan dengan even di destiansi wisata. Menurut dia, untuk menjamin keselamatan di wilayah Prambanan atas, dari arah Pereng nantinya semua kendaraan wajib parkir di dekat masjid, untuk kemudian meneruskan menggunakan kendaraan yang lebih kecil.

“Sudah kami siapkan papan pengumuman atau informasi bahwa bus pariwisata tidak bisa naik ke atas dan diimbau menggunakan moda transportasi yang lebih kecil,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hujan Badai Diprediksi Terpa Sejumlah Wilayah di Indonesia Hari Ini

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement