Advertisement

Libur Nataru, PMI DIY Siagakan Ratusan Relawan

Abdul Hamied Razak
Senin, 25 Desember 2023 - 07:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Libur Nataru, PMI DIY Siagakan Ratusan Relawan Klinik lapangan PMI di Desa Tompe, Kecamatan Sirenja, Pantai Barat Donggala. - Ist/PMI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Palang Merah Indonesia (PMI) DIY menyiapkan 6 Pos Pelayanan Ambulans dan Pertolongan Pertama di seluruh DIY dalam pelayanan kemanusiaan menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Ketua PMI DIY GBPH. H. Prabukusumo mengatakan PMI menyiagakan personel PMI berlatar belakang medis juga relawan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan pertolongan pertama yang akan membantu masyarakat merayakan Natal dan Tahun Baru di DIY.

Advertisement

Sebanyak 398 orang personel, 17 ambulans, 5 ambulans first responder diterjunkan untuk membantu masyarakat yang merayakan Natal dan tahun baru. “Mereka akan bertugas 24 jam di masing-masing Pos, siaga di beberapa Gereja, berkeliling di tempat-tempat keramaian maupun obyek wisata di masing-masing wilayah seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta,” ujar Gusti Prabu, Minggu (25/12/2023).

BACA JUGA: Cara Memasang Twibbon Selamat Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Media Sosial

Beberapa ambulans yang disiagakan adalah ambulans transport, ambulans kegawatdaruratan, serta ambulans motor. “PMI memiliki 5 ambulans motor first responder yang kami luncurkan segera saat terjadi kedaruratan dengan tugas menilai keadaan dan memberikan pertolongan pertama sebelum ambulans kegawatdaruratan. Hal ini sangat bermanfaat apalagi saat terjadi kepadatan lalu lintas," katanya.

"Selain itu, PMI juga tetap menyiagakan armada dan juga personel untuk kejadian kedaruratan lain seperti bencana kebakaran maupun bencana alam lainnya maupun kesiapsiagaan Pemilu,” tambah Gusti Prabu.

Untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat, lanjut Gusti Prabu, personel PMI akan bersiaga dan berkeliling di beberapa gereja pada 24 dan 25 Desember 2023. Selain itu, personel dengan ambulans juga akan berkeliling ke titik-titik keramaian, lokasi obyek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan seperti alun-alun, Malioboro, dan Pantai Selatan Kulon Progo, Bantul, dan Gunungkidul.

Distribusi Air Bersih

Distribusi air bersih masih tetap berlangsung di beberapa wilayah seperti Gunungkidul dan Bantul. Sejak Januari hingga Desember ini  PMI telah mendistribusikan sejumlah 9.347.000 liter air bersih dengan penerima manfaat sejumlah 191.067 jiwa di 5 (lima) Kabupaten/Kota, 51 kapanewon, dan 104 kalurahan di DIY.

“Terima kasih kepada masyarakat, para donatur yang telah memberikan donasinya dalam respons kekeringan di DIY melalui PMI DIY dalam Program Siaga Tirto Aji,” ungkap Gusti Prabu.

BACA JUGA: Suhu Udara di Jogja Bisa Mencapai 33 Derajat Celcius, Waspadai Potensi Hujan Lebat

Gusti Prabu juga sangat mengapresiasi Relawan PMI yang bertugas di lapangan melayani masyarakat. Mereka adalah garda terdepan dan jantungnya PMI. Bulan Desember tepatnya tanggal 26 Desember adalah Hari Relawan PMI.

Pada tahun ini, PMI mengusung tema “Bersatu dalam Kerelawanan” yang dimaknai bahwa Relawan PMI memiliki kebersamaan, kerekatan, dan semangat membantu dalam memberikan pelayanan kemanusiaan.

"Salah satu Relawan PMI DIY atas nama Almarhum Sugiharto juga akan menerima penghargaan Lencana Wira Utama PMI tahun 2023 dari PMI Pusat pada puncak peringatan Hari Relawan PMI yang dipusatkan di Tegal, Jawa Tengah," terang Gusti Prabu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement