Advertisement

Libur Nataru, Jumlah Penumpang Terminal Jombor Meningkat Tiga Kali Lipat

Catur Dwi Janati
Rabu, 27 Desember 2023 - 22:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
Libur Nataru, Jumlah Penumpang Terminal Jombor Meningkat Tiga Kali Lipat Suasana Terminal Jombor pada Rabu (27/12/2023) yang dipadati penumpang. - Harian Jogja // Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Momen libur Nataru membuat aktivitas naik turun penumpang di Terminal Jombor meningkat. 

Ketua Paguyuban Agen Perwakilan Bis Malam (Papbima) Terminal Jombor, Ambaryati menjelaskan bila selama libur Nataru ini terjadi kenaikan penumpang yang kentara. Kenaikan penumpang mencapai tiga kali lipat dari hari biasanya. 

Advertisement

"Kalau jumlah penumpang itu ya lebih banyak dari hari-hari biasa dan armada yang reguler masih banyak. Paling tambahan bus wisata paling dua bus, tiga bus," kata Ambaryati pada Rabu (27/12/2023).

Pada hari biasa bukan liburan, rata-rata penumpang yang naik maupun turun di Jombor berkisar di angka 150 orang. Sementara pada libur Nataru ini penumpang yang datang maupun pergi via Terminal Jombor mencapai sekitar 450 orang. 

"Hari-hari biasa untuk penumpang semuanya ya sekitar 150. Kalau sekarang ya naik tiga kali lipat, iya kurang lebih [450]," lanjutnya. 

Meski cenderung naik, kondisi penumpang terbilang langsam kata Yati. Artinya meskipun ramai penumpang tidak sampai kehabisan tiket, selalu ada kursi yang tersedia. 

Baca Juga

Catat! Ini Rute Trans Jogja dari Terminal Jombor dan Terminal Condongcatur

Pekan Ketiga Ramadan, Penumpang di Terminal Jombor Masih Landai

Terminal Jombor Mulai Ramai Penumpang

Berbeda dengan momen-momen lebaran lalu. Di mana penumpang yang naik turun via Terminal Jombor bisa 2000-an orang dalam sehari hingga membuat bus-bus tambahan yang dikeluarkan. "Kalau lebaran memang overload, banyak wisata yang masuk," tandasnya  

"Ada peningkatan penumpang [libur Nataru] tapi tidak seperti yang lebaran. Masih teratasi," imbuhnya.  

Senada dengan Yati, salah satu agen perwakilan bus di Terminal Jombor, Enggar Dwi Setyo Panjono juga tak menampik adanya kenaikan penumpang selama libur Nataru. Di biro jasanya, kenaikan penumpang mencapai 100%. 

Rata-rata penumpang yang datang dan pergi via Jombor kata Enggar ada pada rute Jogja-Jakarta PP dan Jogja-Denpasar PP. "Tapi kalau untuk jurusan Sumatera rata-rata yang pergi dan itu mayoritas kebanyakan mahasiswa-mahasiswa atau pelajar yang ada di Jogja, itu [mereka] pulang," ungkapnya. 

Sementara untuk penumpang yang datang untuk liburan ke Jogja beragam kalangan. Ada tua, muda maupun rombongan keluarga. 

Enggar memprediksi ada dua puncak kenaikan penumpang di Terminal Jombor. Pertama pada momen sebelum Natal dan nanti pada tanggal 1 Januari 2024 untuk penumpang yang meninggalkan Jogja secara serentak. "Jadi penjualan tiket yang ada di Jombor itu mayoritas titik puncaknya nanti di 1 Januari," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konsumsi Sabu, Artis Rio Reifan Ditetapkan Tersangka

News
| Senin, 29 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement