Advertisement

Tahun 2024, Empat Pasar Tradisional di Bantul Direnovasi, Ini Lokasinya

Jumali
Kamis, 28 Desember 2023 - 12:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Tahun 2024, Empat Pasar Tradisional di Bantul Direnovasi, Ini Lokasinya Salah satu pedagang menjual cabai rawit merah di Pasar Bantul, Selasa (7/11/2023)(Harian Jogja - Lugas Subarkah)

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pemkab Bantul memastikan melakukan renovasi terhadap 4 pasar tradisional di wilayahnya pada 2024. Anggaran yang dipersiapkan untuk renovasi pasar tradisional senilai Rp1,12 miliar.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan, dan Perindustrian (DKUKMPP) Bantul, Zona Paramitha mengatakan, anggaran senilai Rp1,12 miliar yang telah disiapkan melalui APBD 2024 tersebut untuk merenovasi sebanyak 4 pasar tradisional di Bumi Projotamansari.

Advertisement

BACA JUGA: Selama Arus Mudik Natal 55 Ribu Kendaraan Lewati Jalan Tol Jogja-Solo

Adapun 4 pasar tradisional yang akan mendapatkan renovasi tersebut di antaranya adalah Pasar Piyungan, Pasar Mangiran, Pasar Niten dan Pasar Pundong.

"Itu anggaran hanya untuk rehap dan renov kecil-kecilan. Karena memang anggarannya terbatas," kata Zona, Kamis (28/12/2023).

Kepala DKUKMPP Bantul Agus Sulistiyana mengungkapkan, sejatinya pihaknya telah mengajukan anggaran renovasi pasar rakyat senilai Rp1.842.000.000 pada APBD 2023 untuk 11 pasar tradisional melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

Adapun 11 pasar tradisional yang diajukan itu di antaranya, Pasar Imogiri, Pasar Mangiran, Pasar Niten, Pasar Piyungan, Pasar Gumulan, Pasar Dlingo, Pasar Panasan, Pasar Pleret, Pasar Sorobayan dan Pasar Jodog.

Akan tetapi, lantaran pengalokasian APBD 2023 sudah berjalan sehingga usulan anggaran perbaikan pasar rakyat tidak bisa terealisasi.

"Oleh karena itu, di 2024 juga tidak ada DAK untuk renovasi pasar tradisional," kata Agus.

BACA JUGA: Hore! Gunungkidul Selenggarakan Gebyar Pesta Kembang Api

Terpisah, Wakil Ketua Komisi B DPRD Aryunadi mengungkapkan, sebelumnya pihaknya memang telah melakukan pengecekan terhadap sejumlah pasar yang akan direnovasi pada 2024. Komisi B pun telah melihat kerusakan yang dialami pasar-pasar tersebut.

"Hanya saja, karena ada keterbatasan anggaran. Maka kami serahkan ke dinas terkait dengan prioritas pasar mana yang harus segera direnovasi," ucap Aryunadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pimpinan Mahkamah Agung Diduga Traktir Pengacara, KY Tindaklanjuti Laporan

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement