Advertisement

Mitigasi Bencana, Pemkot Jogja Siapkan Rp3 Miliar untuk 2024

Lugas Subarkah
Jum'at, 05 Januari 2024 - 20:57 WIB
Maya Herawati
Mitigasi Bencana, Pemkot Jogja Siapkan Rp3 Miliar untuk 2024 Ilustrasi pohon tumbang - ist - BPBD Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja mengimbau masyarakat untuk waspada selama musim hujan dengan berbagai potensi bencana hidrometeorologi. Tahun ini dianggarkan sebesar Rp3 miliar untuk upaya mitigasi bencana.

Kabid Kedaruratan, Logistik, Rehabilitasi dan Rekonstrusi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jogja, Budi Purwono menjelaskan dari akhir 2023 hingga awal 2024 ini bencana hidrometeorologi di Kota Jogja  kebanyakan kejadian pohon tumbang dan atap roboh.

Advertisement

“Ini perlu menjadi perhatian kita semua, warga harus waspada. Dari prospek tiga harian Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), cuaca ekstrim akan memicu bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor yang terjadi di sepanjang bantaran sungai. Potensi itu akan terjadi sampai Februari,” ujarnya, Jumat (5/1/2024).

Dari pengalaman di Kota Jogja, bencana hidrometeorologi terbesar yakni longsor di Bantaran sungai Code pada 2018. Pengalaman tersebut menjadi pengingat jika bencana hidrometeorologi trennya terjadi di kisaran Februari-Maret. “Kami berharap semua masyarakat, TNI, Polri dan OPD terkait saling membantu mengantisipasi,” katanya.

BACA JUGA: Evakuasi Longsor Kulonprogo Baru Mencapai 50 Persen, Akses Jalan Masih Terputus

Terkait dengan pohon tumbang, ia menuturkan kebanyakan pohon di pinggir jalan Kota Jogja adalah kewenangan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jogja. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan DLH Kota Jogja untuk perawatan rutin pohon-pohon di Kota Jogja.

“Untuk masyarakat, karena di seluruh kampung Kota Jogja itu sudah ada KTB [Kampung Tangguh Bencana], kami harap agar bisa berkolaborasi dan berkooridnasi dengan sukarelawan masing-masing kampung untuk mengkondisikan pohon atau rumah yang memang ada perbaikan terkait dengan kesiapsiagaan bencana,” katanya.

Di Kota Jogja saat ini ada 154 KTB dari total 169 kampung. Tahun ini akan dituntaskan seluruh kampung memiliki KTB. Di setiap KTB, selain menyiapkan sumber daya manusia (SDM) untuk kesiapsiagaan bencana, juga sudah dibekali dengan peralatan mitigasi bencana seperti motor roda tiga, peralatan penyelamatan, pompa air, genset dan lainnya.

Tahun ini BPBD Kota Jogja menyiapkan anggaran mitigasi bencana sekitar Rp3 miliar, dengan kegiatan kesiapsiagaan KB, penanganan kedaruratan dan penanganan pasca bencana, termasuk rehabilitasi rumah terdampak bencana.

“Kami sampaikan kalau memang masyarakat memerlukan bantuan, yang berkaitan dengan permakanan tentu ada, kemudian terkait dengan rumah rusak, itu ada proses kami melakukan bantuan rehabilitasi terdampak bencana. Itu sudah berjalan,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

1,4 Miliar Penduduk India Terancam Cuaca Panas Ekstrem

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement