Advertisement

Ratusan Petani di Kalasan Deklarasi Dukung Sri Purnomo

Media Digital
Sabtu, 13 Januari 2024 - 19:27 WIB
Sunartono
Ratusan Petani di Kalasan Deklarasi Dukung Sri Purnomo Deklarasi diberikan oleh lebih dari 400 Petani yang tergabung dalam Forum Komunikasi Petani Kalasan. Deklarasi berlangsung di Pasar Lelang Cabai, Sekretariat Gapoktan Tirto Sembodo, Kapanewon Kalasan, Sabtu (13/1/2024) pagi. - Istimewa.

Advertisement

SLEMAN—Deklarasi dukungan kepada Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPR RI DIY Sri Purnomo kembali datang dari kalangan petani. Kali ini, ratusan petani dari Kapanewon Kalasan mendeklarasikan diri mendukung mantan Bupati Sleman tersebut.

Deklarasi diberikan oleh lebih dari 400 Petani yang tergabung dalam Forum Komunikasi Petani Kalasan. Deklarasi berlangsung di Pasar Lelang Cabai, Sekretariat Gapoktan Tirto Sembodo, Kapanewon Kalasan, Sabtu (13/1/2024) pagi.

Advertisement

Sebagai wujud simbol dukungan kepada Sri Purnomo, perwakilan petani ini memakaikan caping sebagai tanda menitipkan aspirasi dan perjuangan petani. Pemberian caping ini sebagai simbol agar Sri Purnomo dapat melindungi para petani melalui berbagai usulan dan memperjuangkan aspirasi petani.

BACA JUGA : Sri Purnomo Dorong Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengolahan Sampah di DIY

Perwakilan Forum Komunikasi Petani Kalasan, Janu Riyanto menyampaikan bahwa kondisi terkini para petani khususnya di wilayahnya mengalami situasi yang sangam berat. Kendala yang dialami pejuang pangan ini masih didominasi kesulitannya mendapatkan pupuk dan bbm subsidi.

“Kalau mau swasembada pangan, pupuk menjadi faktor penning yang harus ada dan tersedia dalam jumlah banyak. SDM kita sudah maju, alshintan kita juga sudah maju, tapi kalau pupuknya susah juga sama saja,” ungkapnya.

Janu menegaskan bahwa banyak aspirasi petani di Kalasan yang belum diperhatikan secara maksimal terutama oleh wakil rakyat. Banyak aspirasi mereka soal pertanian yang belum bisa diperjuangkan dengan baik dan hanya menjadi janji-janji kampanye..

“Kami semua yang ada disini merasa harus punya wakil yang bisa memperjuangkan aspirasi kami di pusat (DPR RI) khususnya untuk pertanian. Dan sosok itu ada pada pak Sri Purnomo,” terangnya.

“Pak SP (Sri Purnomo) ini orangnya sudah berpengalaman di dunia pemerintahan menjadi pimpinan selama tiga periode sejak Wakil Bupati. Dan kinerjanya untuk para petani selama memimpin Sleman sudah tidak diragukan lagi,” katanya.

Sementara, Sri Purnomo yang datang di acara itu menyampaikan apresiasi atas dukungan para petani dari Kalasan. Dengan dukungan tersebut, pihaknya berharap melalui perjuangan yang dilakukan ke depan akan membawa dampak manfaat yang lebih banyak untuk para petani.

“Dari deklarasi ini ada harapan yang dititipkan kepada kami untuk memperjuangkan masa depan yang lebih terjamin di dunia pertanian. Ini yang harus kita suarakan selalu, karena tidak hanya untuk mewujudkan swasembada pangan saja, tetapi makmur juga petaninya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Elon Musk: PLTS Jadi Solusi Atasi Krisis Air Global

News
| Senin, 20 Mei 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement