Advertisement

Terinspirasi Amien Rais, Politikus Perempuan Marthia Adelheida Memilih Bergabung ke Partai Ummat

Sunartono
Selasa, 16 Januari 2024 - 23:47 WIB
Sunartono
Terinspirasi Amien Rais, Politikus Perempuan Marthia Adelheida Memilih Bergabung ke Partai Ummat Politikus Marthia Adelheida. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Aktivis perempuan Marthia Adelheida kembali terjun ke dunia politik setelah sempat vakum selama lima tahun. Mantan politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini melabuhkan pilihan dengan bergabung ke partai Ummat yang didirikan oleh Amien Rais.

Wanita yan biasa disapa Adel ini termasuk salah satu orang yang berjasa dalam pendirian Partai Amanat Nasional di wilayah Sleman yang juga dulu digawangi oleh Amien Rias. Akan tetapi karena menganggap Amien sebagai mentor politiknya, ia memilih hengkang dan kembali terjun lewat Partai Ummat yang juga didirikan Amien Rais.

Advertisement

BACA JUGA : 2 Anak Amien Rais Mundur dari DPRD DIY, Hanum Sudah PAW dan Baihaqi Menunggu Kemendagri

Bukti kembalinya Adel ke dunia politik terlihat daftar calon tetap yang diterbitkan KPU DIY sebagai caleg Partai Ummat untuk DPRD DIY dari Dapil Sleman Utara meliputi sembilan kecamatan; yakni Turi, Tempel, Sleman, Ngaglik, Pakem, Cangkringan, Ngemplak, Pramabanan dan Kalasan.

Sebelumnya ia selama 12 tahun duduk di kursi DPRD DIY. Ia mengawalinya saat memperoleh kesempatan pergantian antar waktu (PAW) pada 2007-2009 menjadi Sekretaris Komisi D. Kemudian menjabat Anggota Komisi B DPRD DIY periode 2009-2014 dan Anggota Komisi B DPRD DIY periode 2014-2019. Setelah 2019 tersebut, Adel memilih istirahat dari dunia perpolitikan.

"Salah satu alasan saya kembali ke dunia politik karena melihat Pak Amien Rais yang saya kenal sebagai mentor politik saya, beliau juga masih bersemangat dengan mendirikan Partai Ummat, maka saya ikut bergabung," kata warga yang tinggal di Jalan Tongkol Raya Minomartani, Ngaglik, Sleman ini, Senin (15/1/2024).

Ia mengaku Amien Rais memiliki peran dengan berbagai wawasan yang diberikan kepadanya sehingga ia mampu menjadi wakil rakyat selama 2,5 periode. Setelah bergabung, ia mendapat tugas untuk membantu pendirian Partai Ummat di Sleman, mulai pembentukan DPD, DPC hingga DPRD. Kini di Partai Ummat menjadi sekretaris MPP Partai Ummat Sleman.

"Keinginan terjun ke jalur politik kembali bersemangat lagi setelah Pak Amien Rais mendirikan Partai Ummat, ya sudah, lalu saya mencalonkan lagi dengan ikhlas untuk kepentingan masyarakat. Karena anak-anak saya sudah berkelurga dan hidup mandiri dan saya sudah tidak punya tanggungan, insyaallah sepenuhnya untuk masyarakat," ujar wanita yang pernah bekerja di Pusat Antar-Universitas (IUC) Studi Sosial UGM selama 19 tahun ini.

BACA JUGA : Jadi Khatib Salat Iduladha di Transmart, Amien Rais Minta Anak Muda Berjuang

Adapun salah satu misi yang ia bawa adalah upaya untuk memajukan perempuan. Ia meyakini perempuan bisa berdaya dan menjadi tulang punggung keluarga. Oleh karena itu dalam setiap programnya ia memilih untuk pemberdayaan perempuan menjadi prioritasnya serta mendorong perempuan menjadi lebih melek politik.

“Pemberdayaan masyarakat menjadi prioritas, khususnya kalangan perempuan. Karena perempuan ini memiliki peran penting dalam keluarga," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Bakal Susun Kursi Menteri hingga 40, Gerindra Membantah

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement