Advertisement

Wisatawan Kini Bisa Keliling Sumbu Filosofi Jogja hingga Malam Hari

Alfi Annisa Karin
Rabu, 24 Januari 2024 - 16:27 WIB
Maya Herawati
Wisatawan Kini Bisa Keliling Sumbu Filosofi Jogja hingga Malam Hari Bus Jogja Heritage Track rencananya akan beroperasi hingga malam hari - Harianjogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, UMBULHARJO—Dinas Kebudayaan atau Kundha Kabudayan DIY menambah jam operasional Bus Jogja Heritage Track hingga malam hari. Ini untuk memfasilitasi wisatawan yang ingin berkeliling kawasan Sumbu Filosofi Jogja.

Peningkatan pengembangan kawasan cagar budaya dan warisan budaya dilakukan setelah sertifikat warisan budaya dari Unesco diterima Pemda DIY pada 23 September 2023 lalu. Salah satu upaya yang ditempuh adalah penambahan jam operasional Bus Jogja Heritage Track.

Advertisement

Kendaraan ini merupakan fasilitas dari Dinas Kebudayaan DIY untuk wisatawan yang didanai oleh Dana Keistimewaan. Bus ini akan mengajak wisatawan untuk berkeliling kawasan Sumbu Filosofi. Semula hanya beroperasi pada siang hari. Namun, dalam waktu dekat ini akan dilakukan uji coba operasional pada malam hari.

"Kami akan mencoba program unggulan Jogja Heritage Track at Night, pengoperasian bus ini pada sesi trip malam hari. Akan dicoba mulai 18.30," ujar Kepala Dinas Kebudayaan DIY Dian Lakshmi Pratiwi saat ditemui di Museum Sonobudoyo, Rabu (24/1/2024).

Dian mengatakan, rencananya operasional Bus Jogja Heritage Track pada malam hari akan dimulai pada bulan ini. Menurutnya, upaya penambahan atraksi ini akan menambah ketertarikan wisatawan untuk menaiki Bus Jogja Heritage Track lantaran akan memberikan atmosfer yang baru. Sejauh ini, setidaknya ada 6 rute perjalanan yang bisa dipilih wisatawan. Seluruhnya melewati beberapa penanda ikonik di Jogja. Namun, Dinas Kebudayaan DIY akan terus berinovasi dengan menciptakan rute-rute baru.

BACA JUGA: Pembinaan Petani oleh Kementan di Bantul, Titiek Soeharto Ikut Mohon Izin Nyaleg

"Rute baru sedang kita siapkan, semoga ka,o bisa mengupayakan tambahan bus. Beberapa paket perjalanan sudah disiapkan dengan beberapa tematik karena kita punya cukup banyak kawasan cagar budaya dengan karakter khusus, seperti Kotabaru, Pakualaman, Kotagede, Kerto Pleret, tapi kami sedang menyiapkan," jelasnya.

Atraksi Baru

Selain operasional Bus Jogja Heritage Track pada malam hari, ada juga rencana penambahan atraksi baru yakni Jogja Heritage Cycling dengan rute yang masih terbatas. Dian mengatakan informasi lebih lanjut bisa disimak di sosial media Dinas Kebudayaan DIY ataupun website jogjaheritage.com. Dia berharap, operasional Bus Jogja Heritage Track pada malam hari ini dapat meluaskan informasi soal warisan budaya Sumbu Filosofi.

"Pada intinya kita ingin pariwisata DIY juga berkembang, budayanya mampu diinformasikan ke semua pengunjung DIY untuk kelestarian kawasan warisan budaya dan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemeriksaan Pendahuluan Sengketa Pileg, PAN: Ada Pengurangan Suara di Aceh

News
| Selasa, 30 April 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement