Advertisement

Bikin Geger! Buaya Sepanjang 2 Meter Ditangkap di Sungai Tepus, Kalasan Sleman

David Kurniawan
Jum'at, 26 Januari 2024 - 15:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Bikin Geger! Buaya Sepanjang 2 Meter Ditangkap di Sungai Tepus, Kalasan Sleman Penangkapan buaya sepanjang dua meter yang ditangkap di Sungai Tepus, di Kalurahan Selomartani, Kalasan, Sleman. Jumat (26/1 - 2024) Foto Istimewa Polsek Kalasan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Warga Padukuhan Jetak, Selomartani, Kalasan, Sleman digegerkan penangkapan buaya sepanjang dua meter di Kali Tepus, Jumat (26/1/2024). Upaya penyelusuran masih dilakukan untuk memastikan di sepanjang sungai tidak ada buaya yang lain.

Jogoboyo Selomartani, Subagyo mengatakan, adanya buaya di Sungai Tepus, pertama kali dilihat oleh warga yang sedang mencari barang bekas di aliran sungai. Tanpa sengaja melihat reptil ini didekat tumpukan sampah.

Advertisement

BACA JUGA: Buntut Snack Pelantikan, Dukuh dan KPPS Geruduk KPU Sleman

Temuan ini langsung dilaporkan ke Pemerintah Kalurahan Selomartani yang diteruskan ke polsek, koramil, BPBD dan Pemadam Kebakaran Sleman.

Selanjutnya dilakukan upaya penangkapan menggunakan jembakan tali yang diikat ke sebilah bambu. Subagyo tidak menampik, proses penangkapan membutuhkan waktu sekitar satu jam dari mulai pukul 10.30-11.30 WIB.

Hal ini dikarenakan buayanya terus bergerak sehingga sulit ditangkap. Setelah beberapa kali percobaan akhirnya tubuh buaya bisa jebakan sehingga bisa terlilit dengan tali.

“Langsung ditarik ke tempat yang dangkal kemudian dibagian mata ditutup dengan kaos,” katanya saat dihubungi, Jumat siang.

Untuk Panjang buaya diperkirakan mencapai dua meter dikarenakan proses pengangkatan membutuhkan tenaga tiga orang dewasa. “Adapun jenisnya diperkirakan buaya air tawar,” katanya.

Menurut dia, usai ditangkap buaya dibawa ke markas pemadam kebakaran. Adapun selanjutnya dilakukan proses penyelusuran guna memastikan tidak ada buaya lain di aliran sungai.

“Sudah besar dan bukan lagi bayi lagi. Takutnya, ada yang lain sehingga upaya penelusuran dilakukan,” katanya.

BACA JUGA: Update Erupsi Merapi, Siang Ini Luncurkan Satu Kali Awan Panas

Diketahui Sungai Tepus bermuara di Kali Kuning. Di sekitar penemuan buaya relative sepi dan jarang dijamah oleh manusia. “Sudah kami gali informasi berkaitan asal usul buaya, tapi warga tidak ada yang memelihara reptil ini,” ungkapnya.

Kepala Satpol PP Sleman, Shavitri Nurmala Dewi mengatakan, kondisi buaya yang ditemukan di Sungai Tepus, Selomartani sudah diamankan. Keberdaan buaya juga sudah diserahkan ke BKSDA Sleman untuk dikarantina.

“Sudah diserahkan ke Kepala Resort, BKSDA Sleman dan ada tanda terima penyerahan tersebut,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement