Advertisement

Musim Hujan, Damkarmat Jogja Evakuasi Ular, Biawak hingga Sarang Tawon

Alfi Annisa Karin
Sabtu, 27 Januari 2024 - 15:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Musim Hujan, Damkarmat Jogja Evakuasi Ular, Biawak hingga Sarang Tawon Evakuasi ular oleh Dinas Damkarmat Kota Jogja beberapa waktu lalu / Dokumentasi Dinas Damkarmat Kota Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, UMBULHARJO–Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Jogja menerima banyak laporan terkait penyelematan hewan. Utamanya, ular, biawak, dan sarang tawon.

Kepala Dinas Damkarmat Kota Jogja Taokhid menuturkan banyaknya ular dan biawak yang muncul itu dimungkinkan lantaran curah hujan yang tinggi pada beberapa waktu terakhir.

Advertisement

"Intensitas hujan tinggi menyebabkan genangan air dan memaksa binatang- binatang ini naik ke permukaan mungkin dari lubang rimbunan-rimbunan pohon bambu naik dan masuk ke permukiman," kata Taokhid, Sabtu (27/1/2024).

Taokhid menuturkan sejauh ini sudah ada 4 ekor ular tanpa bisa dan 2 ekor biawak yang dievakuasi. Tersebar di beberapa lokasi di Kota Jogja. Sementara itu, Taokhid mengaku masih belum menemukan korelasi antara cuaca ekstrem dengan banyaknya evakuasi sarang tawon. Bahkan, jumlahnya tak main-main.

BACA JUGA: Becak Listrik Mulai Beroperasi pada Februari 2024, Diawali dari Malioboro

Tercatat hingga saat ini telah ada 55 sarang tawon yang dievakuasi. "+Mestinya sarang tawon itu tidak tiba-tiba. Namun, akhirnya bisa dievakuasi," imbuhnya.

Sementara, Kepala Seksi Ops Penyelamatan dan Penanganan Bahan Berbahaya dan Beracun Dinas Damkarmat Kota Jogja Timur Diliyanto Judho Asmoro menuturkan ada sejumlah kendala saat melakukan evakuasi hewan, terutama sarang tawon. Lantaran proses evakuasi harus dilakukan malam hari.

"Operasi tawon ini efektif dilakukan malam hari. Namun, masih banyak warga yang mendekat saat kami melakukan penanganan. Tentunya ini dapat berbahaya bagi warga yang mendekat jika tersengat tawon saat dilakukan penanganan,” jelasnya.

Permintaan evakuasi sarang tawon menurutnya meningkat drastis. Bahkan personel Damkarmat melakukan penyelematan setidaknya 3-4 kali setiap harinya di Kota Jogja.

BACA JUGA: Ayah Aniaya Anak Tiri Usia 3 Tahun hingga Meninggal Dunia

Dia mengimbau kepada masyarakat  untuk tetap melapor kepada Dinas Damkarmat jika menemui hewan seperti ular, biawak, atau sarang tawon di tengah pemukiman. Sehingga dapat segera ditangani. Laporan dapat dilakukan melalui call center Dinas Damkarmat 0274 587101.

"Diharapkan warga dapat mengawasi pergerakan ular sembari menunggu petugas datang ke rumah. Sehingga penanganan atau evakuasi bisa dilakukan lebih cepat," imbaunya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Garuda Indonesia Terbangkan 4.232 Jemaah Calon Haji dari 11 Kloter di Fase Pertama

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Unik, Ada Lampu Bangjo Khusus Unta di Tengah Gurun Pasir

Wisata
| Sabtu, 11 Mei 2024, 18:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement