Advertisement

Pemenuhan Air Bersih Bagi Masyarakat Jadi Perioritas Pemkab Bantul

Newswire
Sabtu, 27 Januari 2024 - 11:47 WIB
Ujang Hasanudin
Pemenuhan Air Bersih Bagi Masyarakat Jadi Perioritas Pemkab Bantul Ilustrasi instalasi air bersih / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pemerintah Kabupaten Bantul memastikan pemenuhan air bersih bagi masyarakat menjadi perioritas pembangunan.

"Masalah air menjadi prioritas Pemerintah Kabupaten Bantul untuk menyejahterakan masyarakat, karena air merupakan kebutuhan dasar manusia," kata Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih di Bantul, Jumat (26/1/2024)

Advertisement

Salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia tersebut yakni dengan membangun sarana air bersih melalui program Pembangunan dan Pengelolaan Air Bersih (PPAB) di wilayah Kebosungu, Kecamatan Dlingo, Bantul yang diresmikan pada Kamis (25/1).

"Pemerintah berusaha menyediakan anggaran untuk PPAB, namun diperlukan gotong royong dari masyarakat untuk penyalurannya agar setiap masyarakat di sekitar sumber air dapat menerima manfaat air bersih secara merata," katanya.

BACA JUGA: Krisis Air Bersih, Warga Padukuhan di Bantul Ini Kesulitan Mandi dan Minum

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (DPMK) Bantul, Sri Nuryanti, mengatakan, pada tahun anggaran 2023 setidaknya telah dibangun sarana air bersih program PPAB di delapan titik dengan total anggaran sebesar Rp986,6 juta.

Delapan titik tersebut berada di wilayah Kelurahan Wukirsari dan Selopamioro, Kecamatan Imogiri, kemudian wilayah Kelurahan Jagalan Banguntapan, serta Kelurahan Munthuk dan Mangunan Kecamatan Dlingo yang salah satunya diresmikan Bupati Bantul.

Selain meresmikan PPAB tahun anggaran 2023 yang selesai dibanun, Pemkab Bantul juga meluncurkan kegiatan PPAB tahun 2024 yang direncanakan di sebanyak 13 titik di seluruh Bantul dengan anggaran sebesar Rp1,6 miliar.

"Lokasinya berada di Temuwuh, Kelurahan Muntuk, Dlingo, kemudian Kelurahan Wukirsari dan Selopamioro Imogiri, serta ada juga di wilayah Jagalan dan Srimulyo yang perlu diperbaiki," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

News
| Sabtu, 27 April 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement