Advertisement

Trans Jogja Uji Coba Rute Baru Prambanan-Bandara Adisutjipto, Bus Terakhir Pukul 21.30 WIB

Sunartono
Rabu, 31 Januari 2024 - 20:27 WIB
Sunartono
Trans Jogja Uji Coba Rute Baru Prambanan-Bandara Adisutjipto, Bus Terakhir Pukul 21.30 WIB Sejumlah penumpang menaiki bus Trans Jogja di Terminal Palbapang. - Harian Jogja / Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Angkutan Trans Jogja akan melakukan uji coba rute baru yang menghubungkan antara Prambanan-Bandara Adisutjipto Jogja pada 1 Februari atau Kamis (1/2/2024). Uji coba penambahan rute ini dilakukan seiring banyaknya permintaan dari masyarakat. 

Kabid Angkutan Dinas Perhubungan DIY Wulan Sapto Nugroho menjelaskan, uji coba rute tersebut akan dimulai pada 1 Februari 2024, sementara masih menggunakan tiga armada. Adapun rute ini secara khusus melayani transportasi dari Prambanan ke Halte Bandara Adisutjipto.

Advertisement

“Karena masih tahap uji coba maka belum diberi nama rutenya. Kami uji coba tiga bulan dulu selanjutnya akan dievaluasi, apakah ada kendala atau lebih banyak manfaatnya, setelah itu baru diambil keputusan lagi,” katanya, Rabu (31/1/2024). 

BACA JUGA : Dishub Bantul Ajukan Rute Trans Jogja Malioboro-Imogiri, Ini Alasannya

Sapto mengatakan selama ini, sebenarnya sudah ada layanan transportasi buy the service (BTS) Teman Bus dengan disubsidi oleh Pemerintah Pusat yang mengoperasikan rute Prambanan-Malioboro. Angkutan ini juga sering disebut sebagai Trans Jogja dengan rute 1A. Akan tetapi layanan tersebut hanya sampai pukul 19.30 WIB, selain itu rutenya cukup jauh. Berbeda dengan rute baru yang akan diuji coba ini hanya khusus Prambanan-Halte Bandara Adisutjipto. 

Uji coba rute baru ini sekaligus untuk merespons permintaan masyarakat. Selama ini jalur Prambanan-Bandara Adisutjipto selain sebagai rute wisata juga rute masyarakat yang akan bekerja dari wilayah timur ke barat. Dengan layanan dari pukul 05.30 WIB hingga pukul 21.30 WIB, harapannya bisa lebih memberikan manfaat bagi masyarakat. Waktu tunggu rute baru ini berkisar antara 18-20 menit.

“Permintaan rute ini sangat tinggi, ketika tahun baru kemarin banyak sekali penggunanya. Bahkan dari Prambanan itu meminta agar rute sampai malam, tetapi operasional hanya bisa sampai pukul 19.30. Nah dengan rute baru ini bisa sampai lebih malam lagi,” katanya. 

Sapto menambahkan atas dasar demand tersebut, kemudian diputuskan melakukan uji coba dengan menggunakan armada dari rute lain yang sepi yaitu Bandara Adisutjipto-Pakem. Rute tersebut selama ini menggunakan 8 bus, kemudian 3 bus di antaranya dialihkan ke rute baru. Mengingat rute Bandara-Pakem seringkali hanya terisi saat pagi dan sore hari. 

"Kami memastikan pengalihan armada ini tidak menganggu rute Bandara-Pakem karena seringkali sepi. Maka kami coba alihkan ke Bandara-Prambanan, karena rute ini selalu ramai pengguna,” katanya. 

BACA JUGA : Penumpang Meningkat, Armada Trans Jogja Palbapang-Malioboro Akan Diremajakan

Salah satu pengguna Trans Jogja Setyo, 42, menyambut baik uji coba Trans Jogja untuk rute Prambanan-Bandara Adisutjipto. Keberadaan rute tersebut akan mempercepat akses penumpang dari kota Jogja menuju Prambanan. 

“Karena selama ini pengalaman saya akan menuju ke Prambanan dengan tidak menumpang jalur khusus Prambanan-Malioboro, kan harus berhenti di halte Adisutjipto, ini cukup lama menunggu busnya. Kalau ada rute khusus, saya yakin akan lebih cepat,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

ShariaCoin Luncurkan Tabungan Emas Syariah Pertama di Indonesia, Ini Keunggulannya

News
| Selasa, 21 Mei 2024, 01:27 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement