Advertisement

Belasan Rumah di Sleman Terendam Banjir, Longsor Terjadi di Prambanan hingga Godean

Sunartono
Kamis, 01 Februari 2024 - 05:17 WIB
Sunartono
Belasan Rumah di Sleman Terendam Banjir, Longsor Terjadi di Prambanan hingga Godean Bencana / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Hujan deras disertai angin kencang menimbulkan dampak banjir, longsor hingga pohon tumbang di Sleman pada Rabu (31/1/2024). Banjir tersebut di antaranya disebabkan Sungai Gajah Wong meluap.

Kepala Pelaksana BPBD DIY Noviar Rahmat menjelaskan berdasarkan pendataan sementara hingga Rabu malam, tercatat ada 19 rumah teredam banjir. Masing-masing berada di Kruwet RT 5 RW 6 Sumberagung, Moyudan sebanyak 9 rumah terendam banjir setinggi 70cm dari luapan selokan kampung.

Advertisement

BACA JUGA : Hujan Angin Sebabkan Banjir, Pohon Tumbang, Hingga Longsor di Sleman, Ini Sebarannya

Kemudian di Kenaran RT 05, 06 RW 34, Sumberharjo, Prambanan ada 10 rumah terendam terendam banjir setinggi 50cm dari luapan Kali Gawe. "Selain itu gedung PAUD Putra Sembada Kompleks Pemda Sleman, Beran Tridadi Sleman terendam luapan air hujan dan di Papringan Caturtunggal Depok, beberapa rumah terendam air luapan sungai Gajah Wong," kata Noviar.

Adapun untuk musibah tanah longsor di Sleman, terdiri atas talut rumah longsor di Gg. Mawar No.20a, Santren, Caturtunggal, Depok; tebing setinggi 12 meter longsor dan ada retakan yang membahayakan rumah di bawahnya terjadi di Perum Godean Jogja Hills Jering 6 Sidorejo, Godean. Selanjutnya tebing perumahan longsor tergerus liran air hujan. di Jl. Griya Taman Asri, Saragan Pandowoharjo dan di Jalan Sunan Gresik No.112B, Banteng Sinduharjo, ada tanah pekarangan ambles.

BACA JUGA : Dampak Bencana Hidrometeorologi: Longsor Menimpa 8 Lokasi di Gunungkidul, 1 Orang Terluka

"Kemudian di Prambanan di Nglengkong RT 05 Sambirejo, tebing longsor sepanjang kurang lebih 25 meter tidak dapat di lalui dan Watugudeg RT 02 RW 12 Gayamharjo, tebing di belakang rumah warga longsor dengan ukuran ketebalan 2 meter dan mengenai tembok lebar 3 meter tinggi 3 meter hingga jebol," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Banjir Setinggi 3 Meter di Luwu Sulsel Sebabkan 14 Warga Meninggal Dunia

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement