Advertisement

Dampak Bencana Hidrometeorologi: Longsor Menimpa 8 Lokasi di Gunungkidul, 1 Orang Terluka

Sunartono
Rabu, 31 Januari 2024 - 21:00 WIB
Sunartono
Dampak Bencana Hidrometeorologi: Longsor Menimpa 8 Lokasi di Gunungkidul, 1 Orang Terluka Ilustrasi tanah longsor - Okezone

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Bencana hidrometeorologi berupa hujan deras disertai angin kencang terjadi pada Kamis (31/1/2024) sore. Cuaca ekstrem ini menimbulkan longsor pada delapan lokasi di Gunungkidul dan beberapa daerah lainnya.

Kepala Pelaksana BPBD DIY Noviar Rahmad menjelaskan longsor paling banyak terjadi di Gunungkidul akibat hujan deras disertai angin kencang hari ini. Berdasarkan laporan sementara musibah tanah longsor di Gunungkidul akibat hujan deras terjadi pada 8 titik. Sukarelawan dan BPBD setempat telah melakukan penanganan secara langsung di lapangan.

Advertisement

"Untuk kejadian longsor ada di 8 lokasi, ini mengakibatkan beberapa keluarga harus mengungsi dan satu warga terluka," kata Noviar melalui ponselnya, Kamis malam.

BACA JUGA : Hujan Angin Sebabkan Banjir, Pohon Tumbang, Hingga Longsor di Sleman, Ini Sebarannya

Ia mengatakan salah satu longsor paling parah terjadi di Jetis RT01/RW05 Hargomulyo Gedangsari, Gunungkidul. Di mana material longsoran menimpa bangunan rumah milik warga bernama Temon, 60 sehinga roboh total. Dalam peristiwa di rumah ini ada satu penghuni terluka.

"Ada satu yang mengalami luka ringan akibat tertimpa almari akibat longsoran menimpa bangunan rumah, sudah dilakukan perawatan medis," ujarnya.

Selanjutnya tanah longsor juga menimpa bangunan rumah hingga rusak ringan di Gedangan RT01/RW01 Hargomulyo Gedangsari. Kemudian talud pekarangan yang terancam longsor nyarus menimpa rumah milik Sugiyo warga Sugiyo, Glompong RT03/RW09 Pengkol, Nglipar dan terjadi di Glompong Rt 04 / 09 Pengkol, Nglipar. Tebing pekarangan rumah dan mengancam bangunan rumah, material longsoran masuk area teras rumah milik Jumeno.

Noviar mengatakan tanah longsor juga terjadi di Selonjono Rt02/RW07 Sawahan , Ponjong, di mana talud pekarangan rumah dan material masuk ke area jalan kalurahan sehingga mengancam rumah milik Siswo Prayitno.

BACA JUGA : Sejumlah Sekolah di Kulonprogo Berada di Kawasan Rawan Banjir dan Longsor

Adapun di Karangmojo longsor terjadi di Gentungan RT02/RW06 berupa talud pekarangan. "Talud batu kosong pekarangan rumah milik Muryono mengalami longsor penanganan sementara bekas longsor ditutup dengan terpal di Sambirejo Rt 02 / 08 Sawahan, Ponjong. Serta kejadian tebing longsor menutup akses jalan Kalurahan , penanganan sementara memasang rambu-rabu di Karang RT31 Ngalang, Gedangsari," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

LPS Gandeng DepositoBPR by Komunal Gelar Edukasi Finansial Untuk Karyawannya

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement