Advertisement

24 Titik di Gunungkidul Terdampak Bencana Hidrometeorologi

Triyo Handoko
Kamis, 01 Februari 2024 - 15:27 WIB
Maya Herawati
24 Titik di Gunungkidul Terdampak Bencana Hidrometeorologi Suasana evakuasi rumah roboh terdamapak tanah longsor di Kalurahan Hargomulyo, Gedangsari, Gunungkidul, Kamis (1/2/2023). - ist - BPBD Gunungkidul

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Bencana hidrometeorologi berupa tanah longsor, angin kencang, dan hujan lebat melanda Gunungkidul, Rabu (31/1/2024).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul mencatat setidaknya ada 24 titik bencana pada Rabu kemarin. Sebanyak 24 titik terdampak itu meliputi 16 rumah, enam jalan, satu talut, dan satu masjid.

Advertisement

Kapanewon paling banyak terjadi bencana hidrometeorologi terjadi di Nglipar. Yaitu sebanyak sembilan titik, meliputi lima rumah dan empat jalan terdampak. "Korban jiwa hanya di Gedangsari saja," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Gunungkidul, Sumadi, Kamis (1/2/2024).

Sumadi mengimbau agar masyarakat mulai lebih berhati-hati dan menggiatkan kerja bakti memitigasi bencana di lingkungan sekitarnya.

"Kami imbau agar masyarakat dapat memangkas pohon yang berpotensi tumbang, lalu mengecek saluran drainase agar saat hujan tidak ada saluran mampet yang bisa berpotensi menyebabkan banjir ataupun tanah longsor," katanya.

BACA JUGA: Uang Transportasi untuk KPPS Sleman Mulai Disalurkan PPS, Cek Jumlahnya

Bencana paling berat terjadi di Kalurahan Hargomulyo, Gedangsari. Sebuah rumah roboh dan satu orang lansia terluka akibat tanah longsor pada Rabu (31/1/2023) kemarin.

Korban luka tersebut, Temon, 60, tertimpa lemari di rumahnya saat kejadian longsor terjadi. Setelahnya, Temon yang saat kejadian tinggal di rumah seorang diri dievakuasi dan sudah dirawat di puskesmas terdekat.

Hasil pemeriksaan medis menyebut Temon mengalami luka pada kaki dan tergolong ringan. "Sekarang sudah membaik sudah kembali lagi tidak dirawat, sekarang tinggal di salah satu keluarga terdekatnya," jelas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Purwono, Kamis siang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilpres 2024 Usai, Anis Ajak Masyarakat Aceh Lanjutkan Perjuangan Perubahan

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement