Advertisement

Disdukcapil Jogja Tetap Buka Layanan saat Hari Pencoblosan

Alfi Annisa Karin
Senin, 05 Februari 2024 - 16:07 WIB
Arief Junianto
Disdukcapil Jogja Tetap Buka Layanan saat Hari Pencoblosan Ilustrasi perekaman e-KTP - dok - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Jogja akan membuka layanan tepat pada hari pemungutan suara, 14 Februari mendatang di Kantor Disdukcapil, Balai Kota Jogja.

Layanan ini diperuntukkan bagi para pemilih pemula maupun pemilih umum yang belum merekam atau pencetakan KTP elektronik. Pasalnya, KTP elektronik menjadi syarat warga untuk melakukan pemungutan suara.

Advertisement

Kepala Dinas Dukcapil Kota Jogja Septi Sri Rejeki menuturkan setidaknya ada 20 pemilih pemula di Kota Jogja yang akan berulang tahun atau genap berusia 17 tahun pada 14 Februari 2024. Sebanyak 16 orang di antaranya telah melakukan perekaman data

"Sedangkan empat lainnya yang belum merekam data telah kami lakukan penelusuran, bekerja sama dengan kader Gisa di wilayah untuk bisa menghubungi keempat anak tersebut," jelas Septi, Senin (5/2/2024).

Septi mengimbau perekaman KTP elektronik bisa dilakukan oleh masyarakat sebelum tanggal 14 Februari. Sehingga, nantinya pencetakan KTP elektronik dilakukan pada 14 Februari dan bisa digunakan sebagai syarat pencoblosan.

"Apabila terpaksa baru merekam pada 14 Februari, kami tetap berupaya bersurat ke Kemendagri agar proses penunggalan data pada 14 februari dapat terlayani lebih cepat sehingga bisa dicetak pada hari itu," imbuhnya.

Selama ini, Septi mengaku telah gencar melakukan jemput bola. Dua kali jemput bola dilakukan di Balai Dikmen DIY untuk menyasar pemilih pemula. Namun berbagai alasan dia temui. Inilah yang menjadikan capaian perekaman KTP elektronik terkendala.

"Ada yang alasan belum dandan, masih pakai seragam masih pelajaran, ada yang masih bekerja, dan sebagainya. Sehingga untuk usia 17 tahun pada saat pemungutan suara masih ada 20 orang pemilih pemula yang blm cetak KTP elektronik," tuturnya.

Septi menambahkan meski dibuka hingga sore hari, tapi masyarakat yang akan melakukan perekaman atau pencetakan KTP elektronik diharapkan bisa datang lebih awal.

BACA JUGA: Temanggung Kebut Perekaman KTP-El Jelang Pencoblosan

Ini untuk menghindari terjadinya kerusakan sistem. Septi memastikan pihaknya siap untuk turut serta menyukseskan Pemilu 2024 yang tinggaal menghitung hari. Termasuk kegiatan jemput bola yang setiap hari dia lakukan. Utamanya bagi pemilih pemula, lansia, hingga kaum rentan.

"Apalagi kami sudah diberi kami mobil listrik yang bisa menjangkau ke kampung yang jalannya tidak begitu lebar. Kami lakukan jemput bola setiap hari," imbuhnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Raja Charles III Kembali Jalani Tugas Setelah Pengobatan Kanker

News
| Sabtu, 27 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement