Advertisement

Distribusi Logistik Pemilu, KPU Kulonprogo Pastikan Tak Ada Surat Suara Tertukar

Triyo Handoko
Senin, 12 Februari 2024 - 15:27 WIB
Maya Herawati
Distribusi Logistik Pemilu, KPU Kulonprogo Pastikan Tak Ada Surat Suara Tertukar Suasana pengangkutan logistik Pemilu di Kulonprogo ke truk tertutup untuk didistribusikan enam kapanewon yang dilakukan KPU dimana turut didampingi personil kepolisian dan Bawaslu, Senin (12/2 - 2024).

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Distribusi logistik Pemilu seperti bilik suara, kota suara, surat suara, formulir, hingga peralatan pencoblosan lainnya sudah didistribusikan KPU Kulonprogo, Senin (12/2/2024). Distribusi logistik pemilu ini dilakukan ke enam kapanewon, yaitu Samigaluh, Kokap, Pengasih, Girimulyo, Nanggulan, dan Kalibawang.

Pendistribusian logistik pemilu ini menyasar ke 612 TPS di 33 kalurahan di Bumi Binangun. Total ada 3.60 kotak suara dan 2.448 bilik suara yang didistribusikan. Sedangkan sisanya di enam kapanewon lain akan dilakukan pendsitribusian pada Selasa (13/2/2024).

Advertisement

Logistik pemilu yang sudah dikirim ini dipastikan KPU Kulonprogo tak akan tertukar, terutama surat suaranya.

"Sejak proses kedatangan surat suara sudah kami pastikan tidak tertukar, kami pisah-pisahkan untuk tiap daerah pemilihannya (Dapil)," terang Ketua KPU Kulonprogo, Budi Priyana pada Senin siang.

BACA JUGA: Tanggapi Film Dirty Vote yang Viral, Zulkifli Hasan: Zaman Gini Mana Bisa Curang

Budi menjelaskan kepastian tak adanya surat suara juga dilakukan lagi saat proses sortir dan lipat. "Jadi proses sortir lipat ini prosesnya kami rampungkan untuk tiap Dapil terlebih dahulu, setelah tiap Dapil rampung kami lakukan ke surat suara untuk Dapil lain, sehingga resiko tertukar sangat kecil," ungkapnya.

Risiko tertukarnya surat suara hanya terjadi di Pemilu DPRD Kulonprogo. "Karena ada beberapa Dapil, yang lain seperti Dapil untuk DPRD DIY di Kulonprogo hanya satu sheingga tak ada resiko tertukar," jelasnya.

Proses distribusi logistik itu, jelas Budi, juga turut dikawal personil kepolisian. "Diawasi juga oleh Bawaslu, Panwascam, dan lainnya hingga nanti setelah sampai kapanewon lalu didistribusikan ke masing-masing kalurahan," tuturnya.

Ketua Bawaslu Kulonprogo, Marwanto mengkonfirmasi keterlibatan lembaganya dalam pengawalan dan pengawasan distribusi logistik. "Kami melibatkan seluruh jajaran kami untuk memastikan proses distribusi berjalan lancar," katanya, Senin siang.

Marwanto menyebut proses distribusi yang dilakukan pada Senin ini ke enam kapanewon juga berdasarkan koordinasi bersama. "Karena kemarin sudah dilakukan penertiban APK, hari ini jadwalnya distribusi dan personil kami lengkap mengawasi proses distribusi," ujarnya.

Distribusi logistik pemilu, jelas Marwanto, perlu diperhatikan bersama terutama dari kalurahan ke tiap TPS. "Karena kalau ke TPS itu kan kemungkinan medannya lebih terjal dan kemungkinan menggunakan kendaraan terbuka seperti sepeda motor, ini perlu diperhatikan agar jangan sampai ada logistik yang rusak karena proses distribusi ini," katanya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemudahan Keimigrasian bagi Jemaah Calon Haji Segera Hadir di Solo dan Surabaya

News
| Rabu, 28 Februari 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Melihat Kemeriahan Cap Go Meh di Kelenteng Sijuk

Wisata
| Sabtu, 24 Februari 2024, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement