Advertisement

Terima Surat Undangan Pemilu, Sultan Ajak Warga Jogja Gunakan Hak Pilihnya

Yosef Leon
Selasa, 13 Februari 2024 - 13:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Terima Surat Undangan Pemilu, Sultan Ajak Warga Jogja Gunakan Hak Pilihnya Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X saat memberikan keterangan kepada wartawan sesuai menerima surat undangan Pemilu 2024 di Keraton Kilen, Selasa (13/2 - 2024) (email)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono beserta keluarga menerima surat undangan Pemilu 2024 dari KPU Kota Jogja, Selasa (13/2/2024) di Keraton Kilen, Jogja.

Sultan mengajak kepada seluruh warga Jogja yang mempunyai hak pilih untuk datang ke TPS dan mencoblos di Pemilu 14 Februari nanti. Warga juga diminta memilih sesuai dengan ketentuan hati nurani masing-masing. 

Advertisement

"Seluruh warga masyarakat khususnya di DIY saya ingatkan 14 Februari besok pagi untuk tetap bisa melaksanakan kewajibannya yaitu datang ke TPS," kata Sultan.

BACA JUGA: KPU Minta Seluruh Pihak Hormati Masa Tenang

Menurut Sultan, Pemilu merupakan peristiwa penting bagi masa depan bangsa dan negara. Momentum Pemilu yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali juga merupakan amanat Undang-undang nagi Indonesia sebagai negara demokrasi. 

"Ini peristiwa untuk masa depan bagi bangsa dan negara. Kita sudah menentukan pilihan demokratisasi lewat Pemilu baik presiden lembaga lembaga tinggi negara maupun para pimpinan di daerah baik itu bupati maupun walikota," jelasnya. 

"Gunakan hak pilih saudara, jangan golput. Tentukan pilihan sesuai dengan keyakinan masing-masing. Selamat melaksanakan Pemilu, tentukan pilihan untuk lima tahun ke depan bagi bangsa dan negara Republik Indonesia," kata Sultan. 

Ketua KPU Kota Jogja Noor Harsya Aryosamudro menyebut, total ada 11 surat undangan yang diserahkan di Keraton Kilen. Selain Sultan dan istri, KPU Jogja juga menyerahkan surat undangan kepada puteri dan menantu Sultan. 

"Total undangan hari ini ada Ngarso Dalem dan garwo, Gusti Hayu dan garwo, Gusti Bendoro dan garwo, dan Gusti Maduretno dan garwo darwo serta Gusti Mangkubumi dan Kanjeng Pangeran Wironegoro," katanya. 

Harsya menjelaskan, Sultan bersama rombongan keluarga nantinya akan mencoblos di TPS 12 Dalem Joyokusuman Kelurahan Panembahan. Di TPS itu terdapat 283 daftar pemilih tetap (DPT). Kondisi ini naik dibandingkan 2019 lalu dengan 200 an DPT. 

BACA JUGA: Warga Meninggal Terima Undangan Nyoblos, KPU DIY Bilang Begini

"Naik karena regrouping TPS-nya. Kalau untuk pemilih tambahan kita belum tahu datanya karena biasanya ada tambahan lagi dari KPU lain," ujarnya. 

Sultan disebut akan datang ke TPS pada pagi hari sejak 06.40 WIB. Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat itu biasanya akan mengecek kesiapan logistik serta proses persiapan KPPS di tempatnya mencoblos. 

"Pagi sekali biasanya, 06.40 WIB beliau bersama rombongan keluarga akan melihat persiapan di TPS 12. Kemudian akan menjadi pemilih nomor 1, kemudian GKR Hemas dan putri mantu akan menjadi pemilih selanjutnya," pungkas dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkum HAM Angkat Bicara Terkait Rencana KUA Layani Semua Agama

News
| Sabtu, 02 Maret 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Kegiatan Spiritual dan Keagamaan Jadi Daya Tarik Wisata di Candi Prambanan

Wisata
| Kamis, 29 Februari 2024, 11:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement