Advertisement

Saat Hari Coblosan, RSUD Panembahan Senopati Siapkan 25 Tempat Tidur Khusus

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 13 Februari 2024 - 20:07 WIB
Arief Junianto
Saat Hari Coblosan, RSUD Panembahan Senopati Siapkan 25 Tempat Tidur Khusus RSUD Panembahan Senopati. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—RSUD Penambahan Senopati menyiapkan beberapa bangsal untuk perawatan petugas penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) yang sakit pada saat pemungutan dan perhitungan suara. 

Humas RSUD Panembahan Senopati, Mujiyanto menyampaikan RSUD Panembahan Senopati menyiapkan tenaga kesehatan, dan bangsal untuk mengantisispasi kasus kegawatdaruratan medis saat penyelenggaraan Pemilu. "Pada prinsipnya SDM, sarana, obat-obatan kami sudah siap dan telah kita koordinasikan dengan BPJS [Kesehatan]," ujarnya Selasa (13/2/2024).

Advertisement

Dia menyampaikan RSUD Panembahan Senopati menyediakan 245 unit tempat tidur sebagai antisipasi peningkatan kebutuhan layanan kesehatan rangkaian Pemilu 2024 dan secara khusus mempersiapkan 25 unit tempat tidur untuk lonjakan khusus penyelenggaraan Pemilu 2024, yang terdiri dari 10 unit tempat tidur di Bangsal Parikesit, 5 unit tempat tidur di Bangsal Abimanyu dan 10 unit tempat tidur di Pavilliun Yudhistira.

Dia menuturkan RSUD Panembahan Senopati juga telah menyiapakan dokter, perawat dan tenaga kesehatan untuk menangangi kasus kegawatdaruratan selama penyelenggaraan Pemilu. "RSUD Panembahan Senopati juga siap siaga mengantisipasi penambahan kasus penyakit baik fisik, maupun kejiwaan akibat kegagalan para kontestan Pemilu," ujarnya.

Dia menurutkan apabila ada kasus kejiwaan dari konstentan Pemilu, RSUD Panembahan Senopati telah memiliki 2 orang psikiater, dan 1 orang psikolog.  "Di [Paviliun] Yudistira lebih privat, 1 ruang 1 orang, di sana ruang VIP. [Pasien] dengan [gangguan] kejiwaan perlu tenang, itu kita sediakan tempat tidur," ujarnya. 

BACA JUGA: Begini Suasana RSUD Panembahan Senopati setelah Peristiwa Bus Terguling di Bukit Bego

Meski begitu menurutnya ada beberapa puskesmas di Bantul yang ditunjuk untuk membuka pelayanan selama Pemilu 2024, sehingga apabila terjadi kasus penyelenggaran Pemilu yang sakit maka dapat ditangani disana terlebih dahulu, namun apabila kasus kegawatdaruratan dapat segera dilarikan ke RSUD Panembahan Senopati.  "Kasus yang ditangani tingkat bawah, kalau perlu khsusus kegawatrarutan bisa ke kami," katanya.

Pelayanan tersebut menurutnya sesuai Surat Edaran (SE) Kemenkes RI Nomor HK.02.01/MENKES/133/2024 tentang Dukungan Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Pada Pemilu dan Pemilukada 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anies Baswedan Belum Pikirkan Pilkada DKI Jakarta dan Ingin Rehat Dulu

News
| Sabtu, 27 April 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement