Advertisement

Geger, Buaya Berkeliaran di Perumahan di Bantul

Ujang Hasanudin
Minggu, 18 Februari 2024 - 17:57 WIB
Ujang Hasanudin
Geger, Buaya Berkeliaran di Perumahan di Bantul Petugas Damkarmat BPBD Bantul saat mengevakuasi buaya di Perumahan di Bantul, Minggu (18/2 - 2024)

Advertisement

Harianjogja.com-Warga Perumahan Griya Alvita di Jalan Wates, Onggobayan, Kalurahan Ngestiharjo, Kapanewon Kasihan, Bantul dihebohkan dengan adanya buaya yang berkeliaran di kompleks perumahan setempat, Minggu (18/2/2024). Buaya tersebut akhirnya dapat dievakuasi oleh petugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) BPBD Bantul.

Kepala Bidang Damkarmat BPBD Bantul Irawan Kurnianto mendapatkan laporan dari warga Perumahan Griya Alvita terkait dengan adanya buaya berkeliaran sekitar pukul 09.30 WIB. Buaya itu ternyata lepas dari kandang dan berkeliaran.

Advertisement

"Buaya lepas dari kandang kemudian berkeliaran di sekitar kompleks perumahan dan dilaporkan ke Damkar," katanya.

BACA JUGA: Bikin Geger! Buaya Sepanjang 2 Meter Ditangkap di Sungai Tepus, Kalasan Sleman

Mendapat laporan tersebut pihaknya menerjunkan empat petugas dengan berpakaian APD hingga tali untuk mengamankan buaya. Buaya sepanjang sekitar dua meter itu kemudian diikat dibagikan mulut dan kakinya demi keamanan petugas maupun warga.

Menurutnya, proses evakuasi buaya tidak terlalu lama karena petugas sudah terlatih soal animal rescue. "Evakuasinya enggak lama, sekarang buayanya sudah diamankan," ucapnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat jika menemukan hewan liar untuk segera menghubungi Damkar BPBD Bantul 0274-6462100 atau melalui call center 112. Sejauh ini petugas Damkarmat BPBD Bantul sudah dilatih untuk menangani binatang liar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lindungi Rumah Ibadah dari Mafia Tanah, AHY: Program Sertifikat Wakaf Penting

News
| Sabtu, 27 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement