Advertisement

Pembangunan Relokasi SD di Wates Dianggarkan Rp7,1 Miliar

Triyo Handoko
Selasa, 20 Februari 2024 - 16:57 WIB
Sunartono
Pembangunan Relokasi SD di Wates Dianggarkan Rp7,1 Miliar Suasana gedung baru SD yang nantinyadijadikan relokasi tiga SD di Kapanewon Wates, Selasa (20/2 - 2024), pembangunanya masuk tahap akhir dimana direncanakan 2024 ini dibangun pagar, taman, dan tempat parkir.

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pembangunan gedung SD yang nantinya akan digunakan untuk relokasi tiga SD di Kapanewon Wates Kulonprogo masuk tahap akhir, sejak dimulai pada 2018 silam. Pembangunan tahap akhir ini akan dilakukan dengan membangun pagar, taman, dan sarana luar ruangan lainnya.

Anggaran untuk pembangunan tahap akhir SD tersebut sebesar Rp7,1 miliar. Ditargetkan gedung SD relokasi ini dapat digunakan pada 2025 nanti. Tiga SD yang aktivitas pembelajarannya akan dipindahkan ke gedung tersebut antara lain SD Percobaan IV, SDN Wates 2, dan SDN Terbahsari. Perkiraan jumlah siswa yang akan pindah ke gedung ini sekitar 500 siswa.

BACA JUGA : Disdikpora Kulonprogo Ajukan 11 Miliar Untuk Relokasi 4 Sekolah

Advertisement

Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kulonprogo memperkirakan tiap kelasnya nanti akan ada empat rombongan belajar (rombel). Dimana satu rombel terdapat 32 siswa.

Kepala Bidang SD Disdikpora Kulonprogo, Bambang Sidi Rahmanto menjelaskan pembangunan SD tersebut sudah dilakukan sejak tahun ajar 2018/2019. "Latar belakangnya dulu untuk penataan kawasan perkotaan Wates, SD Percobaan IV dan SDN Wates 2 itu rencananya akan dibangun ruang terbuka hijau," ujarnya, Selasa (20/2/2024).

Selain itu tiga gedung SD yang siswanya akan dipindahkan itu usia bangunnaya tergolong tua. "Kalau yang SDN Terbansari memang dekat dengan lokasi pembangunan SD baru ini," ujarnya.

Lokasi pembangunan SD itu berada di Kalurahan Wates, Kapanewon Wates. "Tahapan terakhir pada 2025 nanti kami akan melakukan pengadaan sarana prasarana pembelajaran seperti meja, kursi, papan tulis, dan lainnya, secara umum bangunan kelas dan perkantoran sekarang sudah jadi," katanya.

Kepala Disdikpora Kulonprogo Arif Prastowo membenarkan pembangunan SD baru ini untuk penataan kawasan perkotaan Wates. "Dulu latar belakangnya itu karena perkembangan kawasan Wates akan semakin padat dan ramai, jadi kami pindahkan di sana," tuturnya.

BACA JUGA : Relokasi SD Negeri 1 Bawen yang Terdampak Tol Jogja Bawen Terus Dikebut

Arif menjelaskan gedung SD tersebut dipastikan memenuhi kebutuhan jumlah siswa yang nantinya dipindahkan. "Bnagunnya dua lantai, semua fasilitas akan disediakan dengan baik, bagian dari peningkatan pendidikan di Kulonprogo juga," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jogjapolitan | 1 hour ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perbaikan Tol Bocimi Akibat Longsor Ditargetkan Rampung Juni

News
| Selasa, 16 April 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement