Advertisement

Sudah Ada Pemenang Lelang, Pengembangan Lokasi Pengolahan Sampah Mandiri di Jogja Dipercepat

Alfi Annisa Karin
Kamis, 22 Februari 2024 - 17:07 WIB
Arief Junianto
Sudah Ada Pemenang Lelang, Pengembangan Lokasi Pengolahan Sampah Mandiri di Jogja Dipercepat Petugas membersihkan mesin penghancur sampah organik untuk diolah menjadi kompos di TPS3R Nitikan, Jogja, belum lama ini. - Istiemewa/Pemkot Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Penjabat Wali Kota Jogja, Singgih Raharjo menyebut pihaknya telah menentukan pemenang tender yang sebelumnya dilelang untuk mengerjakan proyek revitalisasi lokasi pengolahan sampah mandiri di Kota Jogja.

Adapun, lokasinya ada di tiga tempat, TPS 3R Nitikan, Karangmiri, dan lahan pinjam pakai milik Pemda DIY di TPA Piyungan.

Advertisement

Singgih menyebut pihaknya akan melakukan akselerasi. Diharapkan proses pengembangan dapat selesai pada April 2024 mendatang.

"Sudah ada pemenangnya. Nanti akan selesai di pertengahan April. Sama juga di Karangmiri dan Nitikan pengembangan. Sama, pertengahan April karena lelangnya bareng," ujar Singgih.

Dia mengaku optimistis desentralisasi pengolahan sampah bisa segera terlaksana di Kota Jogja. TPS3R Nitikan saat ini mampu mengolah hingga 30 ton sampah per hari.

Diharapkan, kapasitas akan menjadi dua kali lipat menjadi 60 ton perhari seiring dengan daya listrik yang juga tengah diupayakan untuk bisa bertambah. Begitu juga di TPS3R Karangmiri yang nantinya akan mengolah sampah 40 ton perhari.

"Lalu di Piyungan bisa 40 ton satu sif. Dikalikan dua menjadi 80 ton perhari dengan output RDF. Insya Allah dengan pola ini sampai dengan pertengahan April bisa kami selesaikan," imbuhnya.

BACA JUGA: Musim Hujan, DLH Jogja: Beban Sampah Dibuang ke TPST Piyungan Bisa Meningkat

Senada, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Jogja Sugeng Darmanto mengatakan proses revitalisasi ketiga lokasi pengolahan sampah mandiri Kota Jogja akan diakselerasi. Dia menyadari, di satu sisi sampah terus menumpuk di sejumlah titik depo. Namun, dia juga tak bisa hanya berpangku tangan dan menunggu Pemda DIY bersedia memberi kuota tambahan.

"Sudah ada pemenang dan segera akan kami eksekusi. Supaya minimal 30 April selesai bangunan, yang fungsional nanti pertengahan Mei sudah selesai total semuanya," imbuhnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anggota KKB Papua Lupa Waker Ditangkap

News
| Senin, 20 Mei 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement