Advertisement

PLN Resmikan SPLU Motor Listrik di Ekowisata Sungai Mudal

Media Digital
Sabtu, 24 Februari 2024 - 18:37 WIB
Ujang Hasanudin
PLN Resmikan SPLU Motor Listrik di Ekowisata Sungai Mudal Suasana peresmianSPLU di EkowisataSungai Mudal yang mendukung wisata ramah lingkungan serta program transisi energi, Sabtu (24/2 - 2024).

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--PLN DIY meresmikan stasiun pengisian listrik umum (SPLU) di Ekowisata Sungai Mudal, Sabtu (24/2/2024). Peresmian ini diikuti komunitas pecinta motor listrik, penggiat pariwisata ramah lingkungan, hingga pejabat terkait.

Sebelum meresmikan SPLU di Ekowisata Sungai Mudal, dilakukan touring dari PLN ULP Wates hingga objek wisata yang berada di Kalurahan Jatimulyo, Kapanewon Girimulyo itu. Rute perjalanan yang menanjak dan berliku menunjukan kapasitas motor listrik yang handal di berbagai medan.

Advertisement

Peresmian SPLU di Ekowisata Sungai Mudal ini didukung PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) DIY, dimana hingga saat ini sudah ada 41 unit SPLU di seluruh DIY. "Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan SPLU dan menambah unit-unit yang ada agar pengguna motor listrik mudah terlayani," kata Manager PLN UP3 DIY, Adi Dwi Laksono.

Adi menjelaskan SPLU diperuntukan untuk sepeda motor, sedangkan untuk mobil menggunakan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU). "Pada 2024 ini kami juga terus memperbanyak unit SPKLU dimana akan ditambah sebanyak lima unit," ujarnya.

Sementara ini untuk SPKLU di Bumi Mataram sudah ada enam unit. "Salah satunya ada di kantor PLN ULP Wates, sehingga total pada 2024 ini ada 11 unit, karena sudah ada enam unit," ungkapnya.

BACA JUGA: Charge Mobil di SPKLU, PLN Mobile Memudahkan Pelanggan

Keberadaan SPKLU dan SPLU, jelas Adi, akan terus didorong karena merupakan keniscayaan perkembangan teknologi otomotif. "Kedepan keberadaan kendaraan listrik yang akan mendominasi dan itu keniscayaan perkembangan, sehingga kami juga terus bersiap dan memaksimalkan pelayanan yang ada," ucapnya.

Sementara itu Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Kulonprogo Eka Pranyata mengapresiasi kerja PLN DIY, khususnya peresmian SPLU tersebut. "Ini membuktikan meskipun di daerah pinggiran seperti ini fasilitas dan pelayanan tetap dilakukan, artinya pembangunan dilakukan secara merata," jelasnya.

Eka menjelaskan keberadaan SPLU ini di Ekowisata Sungai Mudal mendukung pengembangan objek wisata tersebut. "Apalagi wisata disini masuk ekowisata, dan secara pembangunan memang jadi ruang perlindungan lingkungan di Kulonprogo, sangat cocok SPLU ini," tuturnya.

Transisi energi, jelas Eka, juga jadi prioritas Pemkab Kulonprogo dalam menjalankan pembangunan. "Sekarang arahnya transisi energi, dari BBM ke kendaraan listrik tentu ini akan terus kami dukung," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jakarta Tetap Ibu Kota Indonesia hingga Ada Penetapan Baru

News
| Senin, 29 April 2024, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement