Advertisement

ASPD Digelar Mei, Sejumlah Sekolah Tingkat SD dan SMP di Bantul Sudah Mulai Lakukan Tryout

Jumali
Jum'at, 01 Maret 2024 - 10:47 WIB
Abdul Hamied Razak
ASPD Digelar Mei, Sejumlah Sekolah Tingkat SD dan SMP di Bantul Sudah Mulai Lakukan Tryout Pelaksanaan ASPD di Kota Jogja, beberapa waktu lalu / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL— Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Bantul memastikan Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) tetap dihelat tahun ini.

Untuk ASPD tingkat SD akan digelar pada 20 hingga 22 Mei 2024, sedangkan untuk tingkat SMP akan digelar mulai tanggal 13 sampai 15 Mei 2024.

Advertisement

BACA JUGA: Update Hasil Real Count Pilpres KPU, Anies-Imin Raih 31,3 Juta Suara dan Ganjar-Mahfud 21,3 Juta Suara

Kepala Bidang SD Disdikpora Bantul Edy Sutrisno mengatakan pelaksanaan ASPD SD 20-22 Mei 2024 akan diikuti oleh siswa kelas VI dari 367 SD dan 35 Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang ada di Bantul. Sementara untuk pelaksanaan ASPD susulan dilaksanakan pada 27-29 Mei 2024.

“Sementara untuk kelulusan SD/MI akan dilakukan pada 13 Juni 2024,” kata Edy kepada Harianjogja, Jumat (1/3/2024).

Menurut Edy, keberadaan ASPD ini sangat penting karena bisa menjadi salah satu

tes pengganti Ujian Nasional. Meskipun dari Kementrian Pendidikan tidak memperbolehkan adanya ujian. ASPD sendiri dihelat lebih untuk pemetaan mutu berbasis siswa.

Selain itu ASPD SD juga menjadi salah satu acuan untuk masuk SMP. Di mana, kata Edy, hasil ASPD akan dijadikan acuan ketika siswa SD mendaftar salah satu SMP Negeri melalui jalur prestasi.

“Jalue afirmasi dan zonasi tidak pakai hasil ASPD. Hanya yang melalui jalur prestasi saja yang salah satu acuannya pakai hasil ASPD,” ucap Edy.

Sebagai persiapan menghadapi ASPD, Edy menuturkan, saat ini sejumlah sekolah telah melakukan persiapan dengan menggelar tryout. Mereka menggelar tryout dengan harapan agar siswa nantinya lebih mudah mengerjakan ASPD.

“Untuk saat ini tahapan sudah mulai dilakukan oleh teman-teman. Kemarin sudah ada tryout ASPD dari MKKS juga,” lanjut Edy.

Pada tryout ASPD yang digelar tersebut, Edy mengungkapkan, ada tiga mata pelajaran yang diujikan yakni literasi baca tulis, literasi numerasi dan literasi sains.

“Dan sejauh ini, tidak ada kendala yang dihadapi siswa saat mengerjakan soal  tryout,” ucap Edy.

Terpisah, Humas SMP Pundong 1 Tri Rahayu mengungkapkan, meski ASPD tingkat SMP baru akan dilaksanakan mulai tanggal 13 sampai 15 Mei 2024. Namun, sejumlah persiapan telah dilakukan sekolahnya.

“Kami sudah lakukan empat kali tryout untuk ASPD. Belum nanti masih ada tiga kali tryout lagi,” kata Tri.

Terkait materi dari tryout ASPD, Tri mengaku tetap mengacu kepada literasi baca tulis, literasi numerasi dan literasi sains. Seperti materi ASPD yang akan diterapkan saat tes oleh dinas.

“Sejauh ini, dari pelaksanaan tryout, ya ada anak yang kesulitan. Tapi ini adalah salah satu upaya kita agar saat ASDP dilaksanakan hasil dari para siswa bagus-bagus,” harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement