Advertisement

Partai Ummat Raup 24.709 Suara di Bantul, Amankan Satu Kursi DPRD

Ujang Hasanudin
Minggu, 03 Maret 2024 - 10:07 WIB
Ujang Hasanudin
Partai Ummat Raup 24.709 Suara di Bantul, Amankan Satu Kursi DPRD Logo Partai Ummat. - Isntagram

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Partai Ummat berhasil meraup sebanyak 24.709 dalam Pemilihan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bantul 2024. Hasil ini berdasarkan rekapitulasi suara tingkat kabupaten yang dilkukan oleh Komisi pemilihan Umum (KPU) setempat.

Torehan suara partai besutan Amien Rais ini mampu menjadi partai 10 besar dengan suara terbanyak di Bantul. Bahkan partai yang baru berkompetisi dalam Pemilu 2024 ini mampu mengungguli partai lama seperti Nasdem yang meraup 11.796 suara, dan Partai Bulan Bintang (PBB) dengan 11.063 suara, PSI dengan 9.184 suara.

Advertisement

Dengan perolehan suara tersebut Partai Ummat diprediksi mendapat jatah satu kursi di DPRD Bantul untuk periode 2024-2029. Perolehan kursi tersebut dari daerah pemilihan (dapil) Bantul 1 yang meliputi Kapanewon Sewon dan Bantul kota. Dari dapil tersebut Caleg Suwandi menempati posisi pertama suara terbanyak dari Partai ummat dan berpeluang besar melanggeng ke Dewan. 

Saat dimintai konfirmasi Harianjogja.com, Suwandi membenarkan partainya mendapatkan satu tiket ke DPRD Bantul dari dapil 1 berdasarkan hasil penghitungan sementara. Karena KPU secara resmi belum melakukan penghitungan.

Namun demikian, hasil Pileg DPRD Bantul 2024 yang dilkeluarkan KPU dapat diprediksi caleg mana saja yang bakal lolos berdasarkan hasil penghitungan dengan menggunakan metode Sainte Lague yang digunakan untuk menghitung perolehan suara Pemilu 2024.

Menurut Suwandi yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Pengawas Partai Ummat Daerah Bantul partainya sebenarnya menargetkan dapat empat kursi supaya bisa menjadi satu fraksi di DPRD Bantul. Namun realita tak seperti yang direncanakan.

BACA JUGA: Resmi! Berikut Hasil Lengkap Perolehan Suara Partai pada Pemilu 2024 di Bantul

BACA JUGA: Hasil Pileg 2024, Beberapa Partai Ini Diprediksi Dapat Tambahan Kursi di DPRD Bantul

"Harus tetep bersyukur, atas pemberian Allaah, yang sudah mengabulkan doa-doa saya. Karena dengan satu kursi ini, senyatanya saya bisa menyelamatkan sejumlah suara Partai Ummat," katanya.

Ia mengatakan perolehan suara yang cukup banyak di Bantul tidak mengagetkan karena pihaknya sudah lama melakukan berbagai upaya untuk merebut hati masyarakat sejak partai itu didirikan pada 2021 lalu, kemudian pada 2022 verifikasi data, dan 2023 langsung tancap gas melakukan sosialisasi.

Suwandi memastikan akan berjuang untuk kepentingan masyarakat Bantul melalui DPRD Bantul meskipun nantinya lewat gabungan fraksi dengan partai lain. Diketahui Suwandi bukan orang baru dalam dunia politik di Bantul.

Ia pernah menajbat anggota DPRD bantul dua periode pada 2004-2009 dan 2014-2019 dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Namun pada Pemilu 2024 ini ia maju lewat Partai ummat. Sebanyak 8.892 suara yang diperolehnya dari dapil satu tidak lepas dari upaya pembinaan yang ia lakukan selama bertahun-tahun sejak ia masih menjabat sebagai wakil rakyat.

"saya punya enam dusun binaan. Jangan salah saya bukan orang baru di dunia politik, jadi sudah banyak ajringan yang saya bangun sejak lama," ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Garuda Indonesia Kerahkan 976 Petugas untuk Layani Penerbangan Haji

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement