Advertisement

Soroti Tol Jogja-YIA, DPRD Minta Pembangunan Kulonprogo Fokus ke Program Prioritas

Triyo Handoko
Minggu, 03 Maret 2024 - 18:27 WIB
Sunartono
Soroti Tol Jogja-YIA, DPRD Minta Pembangunan Kulonprogo Fokus ke Program Prioritas Pembangunan Tol Jogja Solo di Kartasura, Jawa Tengah, Selasa (20/9/2022). - JIBI/Bisnis.com/Himawan L Nugraha

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pembangunan di Bumi Binangun mendapat sorotan dari dewan legislatif karena dinilai belum fokus pada program prioritas. Wakil Ketua Komisi II DPRD Kulonprogo, Priyo Santoso menyebut pembangunan yang ada di wilayahnya saat ini hanya fokus ke pemerataan bukan ke program prioritas.

Anggota Badan Anggaran DPRD Kulonprogo ini menjelaskan setidaknya ada tiga program prioritas yang mestinya dilakukan Pemkab Kulonprogo. Tiga prioritas pembangunan ini meliputi pembangunan perekonomian Wates, infrastruktur kawasan Menoreh, dan pengembangan kawasan selatan Bumi Binangun.

BACA JUGA : Separuh Padukuhan di Kulonprogo Terdampak Tol Jogja-YIA, Puluhan Rumah Direlokasi

Advertisement

Priyo menyoroti pembangunan tol Jogja-YIA di Kulonprogo sebagai contohnya dimana mestinya ada prioritas pembangunan infrastruktur untuk menunjang rencana tersebut. "Mestinya dirancang dengan baik bagaimana desain pintu tolnya [tol Jogja-YIA] agar dapat menghidupkan ekonomi di sekitarnya, lalu dibangun jalan-jalan penghubung agar konektivitas terbuka lebar," ujarnya, Minggu (3/3/2024).

Kondisi infrastruktur Bumi Binangun kini, menurut Priyo, tak begitu berbeda dan menonjol dibanding periode-periode sebelumnya. "Dari tahun ke tahun belum ada ikon keberhasilan yang menonjol, masih seperti yang dulu hal ini selain karena kemampuan keuangan daerah yang masih minim juga belum ada keberanian dari pemerintah daerah untuk memfokuskan anggaran ke program prioritas," jelasnya.

Kader PAN Kulonprogo ini mendorong Pemkab mulai 2025 nanti agar fokus ke program prioritas. "Agar memfokuskan anggaran ke prioritas pembangunan yang mempunyai dampak perekonomian langsung, agar ada penuntasan pembangunan di satu kawasan," terangnya.

Priyo juga berharap agar Pemkab Kulonprogo nantinya dapat dipimpin oleh bupati yang dapat jadi penghubung ke pemerintah pusat agar banyak program nasional diimplementasikan ke Bumi Binangun. "Mengingat keterbatasan keuangan daerah ini kedepan perlu ada pemimpin yang bisa mensinergikan tiap OPD agar bisa membangun hubungan ke pemerintah pusat untuk bisa menarik sumber keuangan dari sana guna kemajuan di Kulonprogo," harapnya.

BACA JUGA : Tol Jogja-YIA Bakal Punya 3 Pintu Keluar di Kulonprogo, Ini Detailnya

Ketua DPRD Kulonprogo, Akhid Nuryati menyebut pihaknya akan menggelar rapat dengan Bappeda untuk memastikan arah pembangunan di Bumi Binangun. "Masih terus kami bahas, besok akan rapat dengan Bappeda Kulonprogo untuk membahas RPJPD (Rencana pembangunan jangka panjang daerah) dan RKPD (Rencana kerja pembangunan daerah)," imbuhnya.

Akhid menjelaskan pengarahan pembangunan di Bumi Biangun jadi tanggung jawab bersama agar makin berdampak luas. "Tentu kami akan memberikan masukan-masukan ke Bappeda agar makin terarah dan efektif," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement